Banyak Surat Suara Pilgub Jateng Berlumuran Tinta

|

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Banyak Surat Suara Pilgub Jateng Berlumuran Tinta

SEMARANG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Semarang, Jawa Tengah, menemukan 20.169 lembar surat suara rusak. Kerusakan berupa sobek, bercak tinta dan warna tidak sesuai.

Divisi SDM dan Kelembagaan  Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin,  mengatakan, kertas suara yang rusak antara lain sobek di bagian samping dan bercak tinta pada foto cagub dan cawagub.

"Hasil pengamatan ada kertas suara yang sobek, ada spot di pasangan calon, dan ada gradasi tinta. Jumlahnya  20.169 surat suara. Sebelumnya, dalam empat hari sudah ditemukan 10.147 surat suara rusak," kata Amin 

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Fajar Subhi, mengatakan, kerusakan surat suara tersebar di setiap daerah di seluruh Jawa Tengah dengan variasi yang berbeda. Namun pihaknya sudah mengirim balik ke percetakan dan mendapatkan gantinya.

"Seluruh daerah ada. Targetnya pada 20 Mei sudah sampai di semua kabupaten/kota termasuk perbaikannya," ujar Fajar.

Berdasarkan data Panwaslu Kota Semarang, jumlah surat suara yang berada di wilayahnya sebanyak 1.125.696 dan cadangan sebanyak 2,5 persen sehingga total menjadi 1.153.838 surat. Saat ini 20.169 surat suara yang rusak sudah ditukar oleh percetakan dan sedang disortir, dilipat dan dipaking di BLK Semarang. Sedangkan untuk pemusnahan surat suara yang rusak diserahkan ke KPU Jateng untuk dibakar atau didaur ulang.

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Disparbud DKI Kenalkan Seni Betawi ke Timur Tengah