Puspendik, "Kunci" Pengumuman Hasil UN 2013

|

Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

Puspendik,
JAKARTA - Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai peranan penting dalam pengumuman pelaksanaan hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA yang dijadwalkan 24 Mei 2013.

Oleh karena itu, Kemendikbud akan memprioritaskan Puspendik sampai pengumuman hasil UN keluar. Hal ini terkait dengan sudah keluarnya hasil investigasi mundurnya pelaksanaan UN.

"Kalau Puspendik harus diberhentikan sebelum hasil UN keluar, lalu siapa yang mengambil alih di dalam penilaian itu?" ujar Mendikbud Mohammad Nuh, saat dikonfirmasi wartawan terkait dengan pemberian sanksi kepada Puspendik, di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Oleh karena itu, lanjutnya, pemberian sanksi tersebut juga harus disituasikan. Karena, bila mengalami pengunduran pengumuman hasil UN, maka akan berdampak sistemik. Rentetan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun menjadi kacau, bahkan mereka yang akan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri juga akan terkena imbasnya.

"Saya sampaikan pelaksanaan itu sangat penting, urusan sanksi harus disesuaikan dengan waktu yang tepat, yang saya jaga keutuhan ini yaitu dari rangkaian jutaan anak dibandingkan dengan popularitas pejabat-pejabat, nasibnya yang jutaan anak ini bagaimana nantinya?" tegasnya.

Berangkat dari sana, Nuh mendahulukan kepentingan para siswa yang akan dijaganya sesuai substansi. Karena sanksinya akan ditetapkan pada waktunya.

"Kalau saya umumkan sebelum selesai mengenai hasil UN betapa susahnya nanti. Baru setelah selesai pengumuman, ya sudah itu harus dieksekusi semuanya harus dilakukan," imbuhnya. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hermanto Dardak Dinilai Layak Jadi Menteri PU