Jepang Berani Serang Kapal Selam Asing

|

Foto : PM Jepang Shinzo Abe (Reuters)

Jepang Berani Serang Kapal Selam Asing
TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan, negaranya bisa menyerang seluruh kapal selam milik negara lain yang memasuki perairannya. Ucapan ini dilontarkan Abe tepat setelah kementerian Pertahanan Jepang melihat adanya aktivitas kapal selam asing di dekat Pulau Okinawa.

Jepang belum mengkonfirmasi, kapal selam siapakah yang muncul di wilayahnya pada Senin dini hari. Kapal selam itu memang berada di luar wilayah perairan Negeri Sakura, namun sudah mendekati Okinawa.

"Ini adalah tindakan yang serius. Bila kapal selam itu memasuki wilayah kami di dasar laut, kami akan mengimplementasikan aksi keamanan maritim kami," ujar Abe di depan parlemen, seperti dikutip AFP, Rabu (15/5/2013).

Abe tidak mengklarifikasikan perkataannya lebih dalam mengenai tindakan yang akan diambil Jepang. Namun perkataan Abe mengindikasikan bahwa, Pasukan Bela Diri Jepang siap bertindak untuk menghadang kapal selam negara lain itu.

Di bawah hukum internasional, kapal-kapal asing diperbolehkan berlayar di luar batas wilayah negara tertentu. Kapal selam pun diminta berlayar di atas permukaan dan menunjukan benderanya bila mereka masuk ke perairan negara tertentu.

Seperti diketahui, tiga kapal selam milik Pemerintah China sempatĀ  berlayar di dekat pulau yang mereka persengketakan dengan Jepang. Peristiwa itu jelas membuat Pemerintah Jepang menjadi semakin waspada akan kehadiran kapal selam asing di negaranya.

Ketegangan hubungan antara Jepang dan China juga mengalami peningkatan belakangan ini. Klaim-klaim atas kepulauan itu tetap ada dan tidak ada satupun dari mereka yang bersedia mengalah. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Seorang Pria Tewas Bersimbah Darah di Cengkareng