Elektabilitas PDIP Nomor Satu di Bandung

|

(dok. Okezone)

Elektabilitas PDIP Nomor Satu di Bandung

BANDUNG - Partai Demoktasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki posisi pertama dalam hal elektabilitas partai di Kota Bandung. Itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Rectoverso.

Koordinator Survei Rectoverso Zaenal Arifin mengungkapkan, hasil itu didapat melalui survei 450 responden di enam daerah pemilihan (dapil) yang tersebar di 15 Kecamatan di Kota Bandung.

"Dari hasil survei yang kita laksanakan pada 2-7 Mei, elektabilitas PDI P berada diperingkat pertama dengan perolehan 25,11 persen," terang Zaenal saat menggelar konferensi pers, Rabu (15/5/2013).

Diposisi kedua, lanjur Zaenal, ditempati oleh PKS dengan 23,11 persen, Partai Demokrat 20,89 persen, Partai Golkar 12,44 persen, dan PAN dengan perolehan 6,67 persen. Sementara, Nasdem, PKB, Gerindra, PPP, dan Hanura berada di bawah lima partai tersebut.

"Untuk PBB dan PKPI di Kota Bandung tidak ada yang memilih atau memperoleh 0 persen suara," ucapnya.

Dalam kesempatan itu pun, Zaenal juga mengatakan dari hasil survei yang sama, kebanyakan masyarakat memilih partai karena faktor keluarga dengan hasil 23,56 persen. "Faktor keluarga itu misalnya, suami pilih partai A istri juga milih partai A," jelasnya.

Selain faktor keluarga, faktor pemberian uang pun menduduki posisi kedua dengan hasil 18 persen. Sedangkan faktor kenal dan visi misi partai menduduki posisi ketiga dan ke empat dengan raihan 17 dan 15 persen.

Seperti diketahui, 15 partai akan bertarung dalam pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) Juli 2014. Saat ini, 15 partai telah melakukan pendaftaran caleg ke masing-masing KPU baik ditingkat kota/kabupaten.

 

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menunggu Hasil Akhir Program Nuklir Iran