Menggambar, Cara Jitu Tanamkan Kepedulian Sejak Dini

|

Foto : Lomba gambar bertema Save The Earth besutan UMY/UMY

Menggambar, Cara Jitu Tanamkan Kepedulian Sejak Dini

JAKARTA - Menanamkan nilai-nilai positif hendaknya dimulai sejak sedini mungkin, seperti kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Namun, untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dalam diri anak-anak, cara yang kita pilih pun harus menyenangkan.

Untuk itu, American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengemas pemberian nilai tersebut dalam bentuk lomba menggambar bertajuk “Save The Earth.” Lomba yang ditujukan bagi anak-anak usia SD itu menentukan pemandangan lingkungan sekitar sebagai obyek gambar mereka.

“Lomba ini sengaja kami gelar untuk mengajarkan anak-anak agar mencintai lingkungan. Kondisi saat ini memprihatinkan karena banyak generasi muda buang sampah sembarangan, serta pakai air dan listrik semaunya,” kata Ketua Panitia dan Kordinator Program American Corner UMY Muhammad Abas, seperti dilansir oleh Okezone, Kamis (16/5/2013).

Abas menjelaskan, memberi pendidikan cinta lingkungan dengan cara-cara kreatif seperti menggambar merupakan cara yang tepat untuk diterapkan pada anak-anak usia dini. Hal itu, lanjut Abas, bertujuan agar mereka sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sejak usia sedini mungkin dan dapat dijadikan kebiasaan hingga dewasa.

“Anak-anak masih polos untuk ditanami pemahaman agar peduli lingkungan. Kalau yang sudah dewasa, sudah punya pola pikir masing-masing. Tapi kalau anak-anak masih bisa kita kendalikan, mau dibawa ke arah positif atau negatif,” imbuhnya.

Selain untuk menumbuhkan kepedulian dalam diri anak-anak terhadap lingkungan, kegiatan itu juga bertujuan agar mereka semakin dekat dengan kalangan universitas, khususnya UMY.

“Selain untuk lomba acara ini juga tujuannya untuk mendukung program UMY yang sudah dinobatkan sebagai salah satu green campus dan supaya mereka akrab dan tahu tentang UMY sebagai kampus yang juga peduli terhadap lingkungan,” papar Abas.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Putra Din Syamsuddin Lulus dari UPH