Diusung 10 Partai Besar, KarSa Daftar ke KPU Jatim di Hari Terakhir

|

Soekarwo-Saefullah Yusuf di Ponpes Darul Ulum Jombang (foto: Mukhtar B/Sindo TV)

Diusung 10 Partai Besar, KarSa Daftar ke KPU Jatim di Hari Terakhir

SURABAYA - Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) kian mantap bertarung di Pilgub Jawa Timur 2013. Pasangan incumbent tersebut diusung sepuluh partai dengan mangontongi 70 kursi di DPRD, dan akan mendaftar ke KPU Jatim pada Minggu, 19 Mei nanti.

"Teman-teman partai sepakat mendaftar pada Minggu, 19 Mei ke KPU alasannya waktu lebih leluasa," kata Soekarwo di Surabaya, Jumat (17/5/2013).

Sebenarnya ada sekira 20 partai yang memberi dukungan, namun 10 partai lainnya merupakan non-parlemen. "Saya tidak hafal satu per satu. Itu kan teman-teman yang turut mendukung," ujar mantan Sekda Prov Jatim tersebut.

Sebagai incumbent, Soekarwo mengaku senang karena Pilgub Jatim 29 Agustus diikuti oleh sejumlah pasangan bakal calon, salah satunya Khofifah Indar Parawansah. Menurutnya, nuansa demokratis semakin terlihat di provinsi tersebut.

"Ya, bagus banyak calon yang maju. Silahkan calon melakukan pendekatan dengan partai," ujarnya.

Dilihat dari jumlah dukungan parpol, pasangan KarSa memiliki dukungan mayoritas. Dari 100 kursi di DPRD Jatim hanya PDIP (17 kursi) dan PKB (13 Kursi) yang tidak mendukung pasangan incumbent. Sedangkan 10 Parpol di Parlemen mendukung KarSa.

Mereka adalah Partai Demokrat (22 kursi), Hanura (4 kursi), PKS (7 kursi), PDS (1 kursi), PBR (1 kursi), Partai Golkar (11kursi), PPP (4 kursi), PKNU (5 kursi), Partai Gerindra (8 kursi) dan PAN (7 kursi). Jumlah tersebut ditambah dengan beberapa partai non Parlemen yang tergabung dalam Alinasi Partai Non Parlemen (APNP) Jatim yang memilik 23 partai politik.

Namun, dukungan parpol non-parlemen itu pecah, karena beberapa anggota APNP turut mendukung pasangan Khofifah-Herman bersama PKB.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    110 Pengendara Terjaring Operasi Zebra di Bekasi