Lagi, Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang

Senin, 20 Mei 2013 01:51 wib | Wahyudi - Koran SI

ilustrasi dok. okezone ilustrasi dok. okezone MAKASSAR - Aksi penyerangan asrama mahasiswa kembali terulang di Kota Makassar. Kali ini, sekelompok pemuda menyerang asrama Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) di Jalan Perintis Kemerdekaan 9, Tamalanrea.
 
Insiden penyerangan ini terjadi pada Sabtu 18 Mei lalu, sekira pukul 22.00 Wita, tak ada korban jiwa atau pun korban luka dalam penyerangan tersebut.
 
Informasi yang dihimpun, penyerangan tersebut dilakukan oleh sekelompok pemuda yang jumlahnya mencapai 50 orang. Insiden ini bermula saat suasana di asrama mahasiswa tersebut sedang lengang. Beberapa penghuninya tengah mengikuti yasinan di sebuah masjid di kompleks BTN Antara.
 
Para pelaku kemudian tiba dengan menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki mendekati asrama dan langsung menyerang secara membabi buta. Saksi di lokasi kejadian menyebutkan, para pelaku sebagian besar memakai penutup wajah, dan bersenjatakan batu serta anak panah.
 
Bahkan, sebuah pos satpam perumahan di sekitar asrama IPMIL juga menjadi bulan-bulanan para pelaku.
 
Kapolsekta Tamalanrea AKP Ahmad Yulias mengungkapkan, aksi pelaku baru mereda setelah sekolompok mahasiswa dan warga mendatangi lokasi kejadian. "Sempat ada serangan balasan, tapi kita sudah antisipasi sehingga tidak membesar," kata Ahmad, Minggu (19/5/2013).
 
Dia menduga, penyerangan tersebut bermotif balas dendam antara sesama mahasiswa. Sehari sebelumnya, sempat terjadi ketegangan di Kampus Stmik Dipanegara antara dua kelompok mahasiswa.
 
"Kemungkinan ini buntut dari peristiwa sebelumnya. Tapi belum bisa pastikan, karena masih kita dalami," ujarnya.
 
Usai kejadian, pihaknya diback-up petugas Brimob Polda Sulselbar melakukan penyisiran di beberapa asrama mahasiswa di sekitar TKP. Namun, hingga dini hari kemarin, tidak membuahkan hasil. Tak satu pun pelaku penyerangan dan barang bukti senjata tajam yang diamankan petugas.
 
Dalam satu bulan terakhir, beberapa asrama mahasiswa juga diserang oleh kelompok tak dikenal. Seperti Asrama Bantaeng di Jalan Jipang Raya, Asrama Bulukumba di Jalan Faisal, Asrama Jeneponto di Jalan Anggrek, serta penyerangan Asrama Bone di Kec Makassar.
 
Sementara, Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi mengungkapkan, rentetan aksi penyerangan asrama mahasiswa tersebut sampai sekarang terus didalami kepolisian. Dia mengklaim, dari beberapa kasus ini, pihaknya sudah mengamankan sejumlah pelaku, yang juga berstatus sebagai mahasiswa.
(Wahyudi/Koran SI/cns)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »