Kuota 5% UNS untuk Mahasiswa Asing

Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Kuota 5% UNS untuk Mahasiswa Asing
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyediakan kuota sebesar lima persen diperuntukkan bagi mahasiswa asing dari total mahasiswa yang ada.

Sedang saat ini mahasiswa asing yang belajar di UNS tercatat ada 191 mahasiswa yang berasal dari 29 negara. Padahal jumlah total mahasiswa UNS sekarang ini sudah mencapai 35 ribu mahasiswa.

"Memang masih sedikit dibanding kuota yang telah ditentukan," ujar Kepala International Office (IO), Muhammad Taufiq Al-Makmun, saat bertemu Okezone, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/5/2013).

Taufiq mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa asing di UNS dilakukan sejak 1984 melalui program Darma Siswa. Namun beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan. Adapun untuk 2013 ini, melalui program exchange atau pertukaran pelajar berjumlah 10 orang dan 40 orang lainnya datang dari Libya secara mandiri.

"Agustus 2013 mendatang juga akan datang sebanyak 18 mahasiswa asing lewat program Darma Siswa dan 10 mahasiswa asing melalui beasiswa KNB," jelas Taufiq.

Selain itu, untuk tahun akademik 2013/2014 mendatang, UNS membuka kesempatan mahasiswa asing melalui free tuition fee sebanyak 25 sheet atau kursi. Tetapi lima di antaranya dikhususkan kepada mahasiswa asal Timor Leste sebagai bentuk kerjasama UNS dengan salah satu instansi di Timor Leste.

Kepala IO mengemukakan bahwa mahasiswa asing yang belajar di UNS setiap tahunnya meningkat antara 15-20 persen. Umumnya menempuh pendidikan Strata Dua (S-2), meskipun ada juga yang menempuh S-1.

"Keberadaan mahasiswa asing memang penting, terutama mengenalkan Kampus UNS di kancah dunia," pungkasnya. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Istri Dalangi Pembunuhan Bule di Bali