Asyik, Jalur Mandiri UGM Bisa Pilih Prodi S-1 & D-3

|

Foto : UGM

Asyik, Jalur Mandiri UGM Bisa Pilih Prodi S-1 & D-3
JAKARTA - Tahun ini ada hal menarik dalam seleksi jalur mandiri di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yakni pilihan bagi calon mahasiswa semakin terbuka lebar. Pasalnya, ujian tulis (Utul) Program Sarjana diselenggarakan bersama dengan Utul Diploma Gelombang I.

Demikian diungkapkan Direktur Akademik UGM Sri Peni Wastutiningsih. Dia menyebut, pada jalur mandiri program Utul, pendaftar di tiap kelompok ujian, yakni sains dan teknologi (Saintek) yang dulu disebut IPA, sosial dan humaniora (Soshum) yang dulu dikenal IPS, serta Campuran atau IPC dapat memilih maksimal tiga program studi (prodi).

Ketiga prodi tersebut, lanjutnya, dapat merupakan jurusan di program Sarjana, Diploma, atau campuran keduanya. “Jadi pendaftar dapat memilih tiga prodi program Sarjana atau tiga prodi program Diploma atau tiga prodi campuran program Sarjana dan Diploma,” ungkap Peni, seperti dinukil dari laman UGM, Senin (20/5/2013).

Seleksi Mandiri UGM program Sarjana pada tahun ini dibagi menjadi dua jalur, yaitu dengan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan Ujian Tulis (Utul). Jalur PBU meliputi PBU Tidak Mampu, PBU Berprestasi, PBU Olahraga dan Seni, serta PBU Kemitraan (PBUK).

"Untuk pendaftaran Seleksi Mandiri jalur Utul akan berlangsung pada 20 Mei-1 Juli 2013. Ujian akan diselenggarakan pada 7 Juli 2013 di empat kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan. Hasil seleksi mandiri jalur Utul, lanjutnya, akan diumumkan pada 31 Juli mendatang," imbuhnya.

Jalur penerimaan mandiri UGM tidak hanya diperuntukan bagi para pelajar lulusan 2013 tapi juga 2011 dan 2012. Untuk pendaftaran, tambahnya, dapat dilakukan secara online melalui laman http://um.ugm.ac.id

Selain penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri, UGM juga menerima mahasiswa baru program Sarjana kelas internasional International Undergraduate Program (IUP). Namun, program itu tidak diselenggarakan oleh semua fakultas.

"Program IUP meliputi prodiPariwisata, Bahasa Inggris, Ilmu Komputer, Kimia, Kedokteran, Ilmu Hubungan Internasional, Hukum, Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Ekonomi," tutup Peni. (mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Seorang Pria Tewas Bersimbah Darah di Cengkareng