6 Pria Jalan Kaki Sumedang-Jakarta untuk Temui SBY

|

Salah seorang perserta aksi jalan kaki Sumedang-Jakarta (Foto: Oris/Okezone)

6 Pria Jalan Kaki Sumedang-Jakarta untuk Temui SBY

BANDUNG - Enam pria melakukan aksi jalan kaki dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menuju Jakarta. Enam pria tersebut adalah Suharyana, Yayan Taryana, Maulana, Danuri, Komarudin, dan Aden Tarsiman.

Mereka merupakan warga yang tinggal di area pembangunan Waduk Jatigede, Sumedang, yang menuntut pemerintah menyelesaikan berbagai persoalan terkait pembangunan waduk tersebut.

Aden Tarsiman mengatakan, ada 32 desa di enam kecamatan yang terkena dampak pembangunan waduk terbesar kedua di Indonesia itu. Lebih dari 8.000 KK di sana harus direlokasi. Tanah mereka pun dibeli oleh pemerintah secara bertahap sejak 1982. Namun, penyelesaian pembayaran tak kunjung usai hingga kini.

“Hampir semua lahan di sana bermasalah. Ganti rugi juga banyak yang belum selesai," ujar Aden saat ditemui di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/5/2013).

Soal aksi jalan kaki, Aden mengaku ide itu tercetus begitu saja untuk menarik dukungan publik dan perhatian orang nomor satu di negeri ini. Harapannya, agar permasalahan ini segera tuntas.

“Kami ingin ketemu Presiden. Kalau tidak ketemu di Jakarta, kami akan tunggu sampai Presiden menemui dan mendengar aspirasi kami,” ungkapnya.

Tidak ada target kapan mereka akan tiba di Jakarta, khususnya di Istana Presiden. “Kami santai saja, yang penting sampai dan tujuan bertemu Presiden tercapai," ungkap Aden.

Soal perbekalan, mereka hanya membawa perlengkapan seadanya. Tidak ada makanan atau minuman khusus untuk sebagai penambah tenaga. "Kita biasa saja, minum, makan juga biasa. Kalau ada yang nyumbang ini-itu kami terima," imbuhnya.

Enam pria berpakaian serba hitam plus ikat kepala itu mulai mulai berjalan kaki dari Sumedang sekira pukul 09.00 WIB tadi. Sekira pukul 16.30 WIB mereka tiba di Bandung dan beristirahat di Sekretariat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar di Jalan Piit.

"Malam ini kami menumpang istirahat dulu di sini," tuturnya. Rencananya, besok mereka akan melanjutkan perjalanan.

Tapi sebelum ke Jakarta mereka berencana menemui Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanagara untuk menyampaikan maksudnya ke Jakarta. Sementara tadi siang, mereka sempat datang ke Polda Jabar untuk memberitahukan aksinya.

"Mudah-mudahan apa yang kami suarakan didengar Presiden dan segera ada penyelesaian atas masalah ini," pungkasnya.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mobil Sport Futuristik Pesaing McLaren & Ferrari