Ribuan Umat Buddha Rayakan Waisak di Prambanan

|

Ilustrasi (okezone)

Ribuan Umat Buddha Rayakan Waisak di Prambanan

KLATEN - Sekira lima ribuan umat Buddha dari Jawa Tengah dan DIY memadati kompleks Candi Sewu Prambanan, Klaten, Jawa Tengah untuk mengikuti detik-detik perayaan Waisak.

Sebelum melakukan Puja Bhakti Waisak, mereka mengikuti prosesi Pradaksina atau bersama-sama mengelilingi candi searah jarum jam dengan lantunan doa. Prosesi ini diawali dari Candi Lumbung.

Kemudian Umat Buddha terus berjalan ke arah barat yang diartikan seirama dengan kerja matahari dalam menyinari alam jagat raya, menuju ke arah Candi Sewu, Prambanan. Setibanya di Prambanan, tanpa berhenti mereka melanjutkan mengelilingi Candi Prambanan.

Saat menggelar prosesi Pradaksina, anggota Sangha membawa panji-panji Buddhis, puja api obor serta lilin pancawarna dan air suci, gunungan tumpeng dan palawija, Bhineka Tunggal Ika, Pratima Budha dan relik para suci. Kemudian semua sesaji dan gunungan dibawa ke altar utama Candi Sewu, lalu dilanjutkan upacara Puja Bhakti Waisak.

Salah satu panitia peringatan Waisak, Kartono mengatakan sebagai wujud kebhinekaan di Indonesia, selain Candi Borobudur pihaknya sengaja memilih Candi Prambanan dalam memperingati puncak perayaan Waisak.

Waisak merupakan peringatan atas kelahiran Sidharta, pencapaian penerangan sempurna oleh petapa Gautama dan Parinibanna (wafat)nya Sang Buddha.

"Sesuai dengan semangat yang ditunjukan Sidharta, Waisak kali ini mengambil tema kasih Buddha menerangi dunia. Sehingga dengan semangat tersebut, diharapkan semua masyarakat Indonesia saling kasih mengasihi," pungkasnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Toko di Beijing Larang Warga China Belanja