Megawati Minta Jajarannya Kawal Pilgub Bali Sampai MK

Megawati Minta Jajarannya Kawal Pilgub Bali Sampai MK
DENPASAR - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya untuk terus mengawal kasus pemilihan Gubernur Bali sampai ke tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

Sikap PDIP sebagaimana disampaikan Wakil Sekjen DPP PDI P Hasto Kristianto tetap menolak hasil rapat pleno KPU Bali yang memenangkan pasangan Made Mangku Pastika dan Ketut Sudikerta dengan perolehan 50,02 persen.

"Ibu Megawati sudah menugaskan Pak Sekjen PDIP untuk mengawal kasus ini hingga ke Mahkamah Konstitusi,“ jelas Hasto dalam keterangan resminya di Kantor DPP DPD Bali Jalan Moncong Putih Denpasar, Senin (27/5/2013).

Mengacu aturan, sambung Hasto, langkah hukum berupa gugatan ke MK akan dilakukan dalam waktu 3x24 jam setelah rapat  pleno yang digelar Minggu 26 Mei 2013.

Gugatan yang akan dilayangkan ke MK sesungguhnya bukan keinginan PDIP. Menurutnya gugatan itu telah diskenario oleh pihak lain yang memaksa agar PDI P menyelesaikan sengketa pilkada di meja MK.

“Pasangan PAS tidak pernah bisa diberi ruang menyampaikan keberatan hasil rekapitulasi suara. Kami melihat ada desain besar yang mengarahkan segala keberatan kubu PDIP diselesaikan di MK," tudingnya.

Indikasi ke arah itu terlihat jelas ketika keberatan saksi PAS saat rekapitulasi penghitungan suara di semua tingkatan diabaikan oleh KPU. KPU tidak memberi ruang atas keberatan saksi PAS yang meminta dilakukanya penghitung ulang C-1.

“Ada  pihak yang menggiring agar  masalah ini dibawa MK dan kami yakini ada instruksi ke KPU agar mengabaikan keberatan kami," tuturnya.

Dia menegaskan, gugatan ke MK bukan sekadar soal kalah menang tetapi lebih pada komitmen dan perjuangan PDI P dalam menjaga kualitas kehidupan demokrasi dan amanat rakyat.

Mengutip hasil evaluasi dan koordinasi dengan Ketum Megawati seluruh jajaran PDIP diwajibkan mengawal suara rakyat yang telah dimanipulasi dengan berbagai pelanggaran dan kecurangan penghitungan surat suara.
(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kuli Bangunan Simpan Ganja Seberat 8 Kg