Kalah di Pilgub Jateng, PAN Lakukan Evaluasi

Ilustrasi Bibit Waluyo-Sudijono Sastroadmidjojo(Foto: Feri U/okezone)

Kalah di Pilgub Jateng, PAN Lakukan Evaluasi
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) segera melakukan evaluasi menyeluruh menyusul kekalahan pasangan incumbent Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmojo, dalam pertarungan Pemilukada Jawa Tengah (Jateng).

Pasangan Bibit-Sudijono pada Pemilukada Jatang, selain oleh PAN juga diusung oleh Partai Demokrat dan Golkar.

"Kita akan evaluasi soal kekalahan Pilkada kemarin di Jateng. Kita akan teliti dulu penyebabnya, kan kandidat bukan hanya dari Demokrat, tapi PAN juga," ungkap Ketua DPP PAN Bara Hasibuan di Jakarta, Selasa (27/5/2013).

Menurutnya, terdapat faktor yang bisa saja menjadi penyebab kekalahan pasangan incumbent itu. Apapun itu kata Bara tentu akan diperbaiki terlebih menghadapi Pemilu Legislatif 2014 mendatang.

"Banyak faktor, seperti dipilihnya kandidat yang ternyata tidak kuat, lalu jauh dari perkiraan, ini harus evaluasi total mengingat jelang pemilihan legislatif," tuturnya.

Tentunya lanjut Bara, kekalahan ini akan menjadi pelajaran berharga bagi PAN selaku mitra koalisi Partai Demokrat. Pasalnya, hasil ini juga secara otomatis bakal berpengaruh untuk menentukan keputusan pada Pemilihan Presiden tahun depan.

"Jadi pelajaran PAN sendiri, tentunya kekalahan itu kita masih akan selidiki dan evaluasi," tandasnya.

Sekadar diketahui, dalam perhitungan riil yang dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko unggul dalam Pemilukada Jawa Tengah dengan mendapat suara mencapai 48 persen. Disusul pasangan nomor dua, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroadmojo dengan raihan 30 persen serta diikuti pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono sebesar 20 persen. (ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mobil Dinas Presiden Rusia Bertenaga 800 Hp