Lembur Tak Dibayar, Buruh Shinta Group Mogok Kerja

|

Ilustrasi (Foto: okezone)

Lembur Tak Dibayar, Buruh Shinta Group Mogok Kerja

TANGERANG - Ratusan karyawan PT Shinta Group melakukan aksi mogok kerja total. Pemogokan dilakukan karena perusahaan belum membayar upah lembur karyawannya.

Koordinator aksi, M.Rusdiyanto mengatakan, aksi mogok kerja tersebut adalah bentuk protes untuk menuntut hak adanya persamaan antara karyawan kontrak dan tetap. "Kami menuntut adanya pembayaran kelebihan jam kerja," ujarnya, Rabu (29/5/2013).

Sebab lanjut dia, sudah tiga bulan terakhir jam kerja lebih atau lembur para karyawan tidak dibayar oleh perusahaan. Tidak hanya itu, pemberlakuan upah sektoral atau UMK Kota Tangerang sebesar Rp 2.203.000 tidak dibayarkan oleh perusahaan.

Untuk gaji karyawan kontrak, mereka dibayar Rp 1,7 juta tanpa adanya pembayaran upah lembur. "Para karyawati kontrak sampai saat ini pun tidak diberikan jaminan kesehatan sesuai dengan UU yang berlaku, untuk itu kami meminta diberikannya jaminan kesehatan," pungkasnya.

Selain itu, buruh juga menuntut adanya kenaikan gaji untuk para karyawan yang kena shift dua dan tiga. "Shinta Group memang mengajukan penangguhan gaji ke Disnaker, namun ditolak karena syaratnya tidak memenuhi. Untuk itu segeralah penuhi hak-hak mensejahterakan karyawan," pungkas Rusdiyanto.

Dalam aksinya, mereka pun membentangkan spanduk dan baliho yang berisikan tuntutan para buruh. Hingga sampai saat ini, aksi masih berlangsung di depan gerbang pabrik Shinta Group.

(crl)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Digerebek BNN, Pos Satpam Kampus UKI Dirusak Massa