Image

AP I Bandara Juanda Musnahkan 5,170 Kg Sabu

Pemusnahan narkoba di Bandara Juanda Surabaya (foto: Nurul Arifin/Okezone)

Pemusnahan narkoba di Bandara Juanda Surabaya (foto: Nurul Arifin/Okezone)

SURABAYA - Sebanyak 5.170,12 gram sabu-sabu dimusnahkan bersama empat butir ekstasi dan 166 butir obat keras di Kompleks Lanudal Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Barang-barang terlarang itu didapat dari hasil operasi di Bandara International Juanda.

General Manager PT Angkasa Pura I, Trikora Harjo, menegaskan, dengan pemusnahan barang bukti itu menunjukkan pihaknya berkomitmen mencegah peredaran narkona masuk ke Indonesia melalui jalur bandara.

"Kami terus intens membangun komunkasi dan kerja sama baik dengan Polda Jatim maupun BNN untuk mencegah peredaran narkoba," ujar Trikora kepada Wartawan, Kamis (30/5/2013).

Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan berasal dari empat kasus dengan empat tersangka yang berbeda selama dua bulan terakhir. Mereka adalah Iwan Hadi Setiawan, yang ditangkap pada 26 April dengan barang bukti sabu-sabu seberat 627 gram; Nita Ariani Sarani Wibowo, pada 27 April bersama barang bukti tiga gram sabu-sabu dan 230 butir ekstasi.

Serta Dwi Prihantoro, ditangkap pada 7 Mei dengan barang bukti 927,72 gram sabu-sabu. Terakhir, Stella Latumeten ditangkap pada 16 Mei dengan barang bukti 3,300 gram sabu-sabu.

Untuk memperkuat pencegahan itu, sejumah petugas diberikan pembekalan peningkatan kualitas. Selain itu, beberapa alat bantu seperti sinar X juga disediakan melengkapi terminal baru Bandara Juanda yang resmi beroperasi akhir tahun ini.

Saat ini, lanjutnya, di bandara dilengkapi dengan 24 unit X-ray. Jumlah tersebut akan ditambah setelah terminal II beroperasi. "Kami terus meningkatkan, baik kuantitas petugas maupun kualitas," tambahnya.

Pemusnahan barang bukti ini juga disaksikan oleh BNN Provinsi Jawa Timur, empat tersangka, dan jajaran steakholder bandara Juanda dari Bea Cukai, dan TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, dan Polda Jatim.

(ris)
Live Streaming
Logo
breaking news x