PT KAI Semarang Tambah 8 Gerbong di Lebaran Tahun Ini

|

(foto: Dede Kurniawan/Okezone)

PT KAI Semarang Tambah 8 Gerbong di Lebaran Tahun Ini

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia menyiapkan delapan gerbong tambahan berkapasitas 800 orang untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2013.

Humas PT KAI Daop IV Semarang, Zakharia, mengatakan, hal itu dilakukan karena tiket mudik untuk 29 Juli hingga 7 Agustus 2013 sudah habis. “Habisnya tiket untuk masa mudik Lebaran ini dikarenakan proses pemesanan tiket bisa dilakukan jauh hari, yakni H-90 keberangkatan,” ungkapnya.

Menurut Zakharia, kereta api tambahan dari Daop IV Semarang, yakni KA Tawang Jaya AC jurusan Semarang-Jakarta PP. Pemesan tiket untuk kereta tambahan ini sudah bisa dilakukan mulai Sabtu, 1 Juni 2013, baik melalui online atau langsung ke loket stasiun.

“Kereta api tambahan dari Daop IV Semarang, yakni KA Tawang Jaya AC jurusan Semarang-Jakarta PP, dengan delapan gerbong berkapasitas 800 penumpang. Mulai besok sudah bisa dipesan," ujarnya.

Disinggung mengenai harga tiket di masa Lebaran,  Zakharia menambahkan, PT KAI menerapkan tarif batas atas dan bawah, baik untuk kereta eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Sedangkan khusus kereta api tambahan Lebaran, Tawang Jaya AC dipatok dengan tarif batas bawah Rp80 ribu.

"Pemesanan yang semakin dekat dengan masa lebaran tentu akan semakin mahal juga dengan batas atas yang diterapkan," terangnya.

Zakharia optimistis pada masa angkutan lebaran kali ini, pihaknya mampu meraih pendapatan hingga mencapai Rp18 miliar. Jumlah tersebut  jauh lebih tinggi ketimbang tahun lalu senilai Rp15 miliaran.

"Target pendapatannya memang naik 15 persen dibandingkan tahun lalu, meski dari sisi penumpang mengalami penurunan tiga  persen lantaran KA Harina kini bukan lagi milik Daop IV Semarang melainkan Daop II Bandung," tandasnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kawanan Pencuri Bawa Pikap, Dua Motor Raib