Kalah Jumlah, Oposisi Suriah Pertahankan Qusair

|

Pasukan Pemerintah Suriah (Foto: Daily Star)

Kalah Jumlah, Oposisi Suriah Pertahankan Qusair

DAMASKUS – Oposisi Suriah terus mempertahankan posisinya di Kota Qusair. Padahal pasukan pemerintah bersumbar akan merebut kota itu dalam beberapa hari saja.

 

Pertempuran di Qusair kini telah memasuki minggu yang ketiga. Pasukan oposisi tidak hanya melawan pasukan pemerintah, mereka juga harus menghadapi militan Hizbullah yang membantu rezim Bashar al-Assad.

 

“Pasukan oposisi berhak mendapat pujian. Kegigihan mereka berhasil mengubah keadaan,” ujar pengamat pertahanan Amerika Serikat (AS) Jeff White, seperti dikutip Daily Star, Selasa (6/4/2013).

 

Pasukan oposisi tidak hanya kalah jumlah di Qusair, namun juga dalam persenjataan. Pasukan pemerintah mengebom basis pertahanan oposisi dengan jet tempur. Sedangkan pihak oposisi hanya membalas dengan senjata yang seadanya.

 

“Pasukan pemerintah merasa mereka bisa menyudahi perlawanan dengan mudah. Namun pasukan oposisi telah menyiapkan pertahanan sejak lama,” terang White.

 

“Mereka memasang jebakan di penjuru kota. Militan Hizbullah juga masih belum terbiasa dengan medan,” lanjutnya.

 

White menduga, cepat atau lambat Qusair akan tetap direbut pasukan pemerintah. Namun perlawanan gigih pasukan oposisi dapat dilihat sebagai kemenangan moral.

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    JK: Menko Polhukam Takut Munas Golkar di Bali Ricuh