Lima Penambang Tewas Tertimbun Longsor di Tegal

|

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Lima Penambang Tewas Tertimbun Longsor di Tegal
JAKARTA – Lima orang ditemukan tewas akibat tertimbun longsor di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Korban tewas adalah penambang tanah untuk bahan batako di RT 04/03, Desa Karang Mulya, Bojong, Tegal.

Kejadian bermula saat mereka menggali di tebing setinggi lima meter. Saat menggali tanah sedalam dua hingga tiga meter, tiba-tiba tanah di tebing yang berupa kebun longsor. Akibatnya, mereka tertimbun material tanah. Diduga longsor terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur, sore tadi sekira pukul 15.45 WIB.

Kepala Pusat data Informasi dan Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, BPBD Tegal, personel TNI, relawan, dan warga setempat, berhasil mengevakuasi seluruh korban.

“Evakuasi dilakukan secara manual karena alat berat tidak memungkinkan didatangkan ke lokasi longsor,” kata Sutopo dalam pesan singkat yang diterima Okezone, Selasa (4/6/2013).

Lima korban meninggal dunia, sudah dapat diidentifikasi, yakni tiga perempuan dan dua laki-laki. Rata-rata korban telah berusia lanjut. Lima korban tersebut adalah:
1. Khotimah binti Tahyid (50),
2. Sapuroh binti  Nawawi (55),
3. Rumanah binti Wasrap (50),
4. Tarmudi  bin Nurdi (60),
5. Akhamid bin Dukat (45).

Terkait peristiwa tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang mudah berubah. Adanya anomali pola angin yang berasal dari Samudra Hindia bergerak ke timur laut menusuk Jawa dan Sumatera, lalu berbelok ke timur menunjukkan pola yang mirip dengan musim penghujan. Pola angin itu mirip pola angin baratan atau monsunal Asia dari barat ke timur.

Umumnya hal ini berlangsung pada musim penghujan, sedangkan saat ini adalah musim pancaroba menuju musim kemarau. Kondisi demikian menyebabkan wilayah Indonesia masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi yang dapat memicu banjir dan longsor.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lolos dari KPK, Belum Jaminan Menteri Jokowi Bersih