BBM Naik, Pemerintah Siapkan Bantuan Infrastuktur Desa

|

BBM Naik, Pemerintah Siapkan Bantuan Infrastuktur Desa

JAKARTA - Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tinggal diketok. Sejalan dengan itu, Komisi V DPR mendorong program pemerintah yang akan meringankan rakyat miskin.

"Jadi, selain masyarakat nanti mendapat Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), juga ada banyak program infrastruktur yang diberikan di desa-desa. Ini diharapkan dapat memberi kail untuk peningkatan ekonomi rakyat," kata Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Umar Arsal, di Jakarta, Senin (10/6/2013).

Dia menambahkan, salah satu program pembangunan infrakstruktur ini adalah Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP). Dalam program ini, Kementrian Pekerjaan Umum (KemenPU) akan mendorong terciptanya lapangan kerja saat infrastuktur dibuat.

"Jadi uangnya langsung diserahkan kepada organisasi masyarakat desa yang kemudian diwujudkan dalam program perbaikan infrastuktur desa. Pekerjaan semua dari desa itu," ujarnya.

Ditambahkannya, sekira lima ribu desa yang akan mendapatkan program tersebut. Selain itu, ada juga Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4IP) sebesarĀ  Rp6 triliun. Anggaran ini bakal disebar ke 2.450 desa yang dianggap masih tertinggal dari 8.230 desa di Indonesia.

Umar mengatakan, ada sembilan Kabupaten yang mendapatkan program ini. "Tentunya semua daerah yang memenuhi kriteria program infrastuktur ini akan kita prioritaskan," ujarnya.

Seperti diketahui kenaikan harga BBM diperkirakan akan mulai berlaku sejak 17 Juni mendatang. Pemerintah menyiapkan program BLSM yang kemungkinan akan berlangsung selama 4 bulan. Program ini dinilai kurang cukup mengurangi beban rakyat miskin akibat kenaikan bahan pokok.

(trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    JK Ajak Imam Besar Masjidil Haram Keliling Istiqlal