Lebih dari 1 Juta Warga Maluku Pilih Gubernur

|

Ilustrasi

Lebih dari 1 Juta Warga Maluku Pilih Gubernur

AMBON - Lebih dari satu juta warga Maluku di 11 kabupaten/kota sesuai daftar pemilih tetap (DPT) KPU setempat, hari ini menyalurkan suara memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018. Ada lima pasangan calon yang bertarung memerebutkan posisi Maluku Satu.

Berdasarkan pantauan, sejak pagi warga Kota Ambon antusias mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di daerah masing-masing. Salah satunya adalah pasangan calon gubernur Said Assagaff dan wakilnya Zeth Sahuburua.

Bersama keluarga masing-masing, keduanya memilih di TPS 9, Karang Panjang Kecamatan Sirimau. Pasangan nomor  urut lima yang didukung Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, dan Partai Damai Sejahtera itu datang ke tps  bersama-sama.

Pasangan yang populer dengan sebutan Setia itu yakin menang satu putaran dengan presentasi perolehan suara di atas 35 persen.

Sementara itu, calon gubernur Abdullah Tuasikal mencoblos di TPS 13 Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe. Tuasikal mencoblos bersama keluarga dengan berjalan kaki dari rumahnya yang tak jauh dari tempat pemilihan.

Tuasikal berpasangan dengan Hendrik Lawerissa dengan dukungan dari Partai Hanura, Partai Gerindra, PKB, PBB, PKPI dan PBR. Sama seperti pasangan nomor urut lima, pasangan ini juga yakin menang satu putaran dengan presentase 33 persen suara.

Selain dua pasangan tersebut, Pilgub Maluku juga diramaikan oleh pasangan Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif), Abdullah Vanath-Martin Jhonas Maspaitella (Damai), dan  Herman Koedoeboen Daud Sangadji (Mandat).

Berdasarkan data dari KPU Maluku terdapat 1.186.603 warga yang masuk dalam DPT. Mereka akan mencoblos di 3.284 TPS yang tersebar di kabupaten/kota.

Pencoblosan berlangsung hingga pukul 12.00 waktu setempat. Setelah itu akan dilangsungkan penghitungan suara di tiap-tiap TPS. Perkantoran pemerintah maupun swasta, serta aktivitas sekolah diliburkan. Sejauh ini, pilkada Maluku berlangsung aman dan lancar.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Badan Antargereja Temui Ketua DPD