2 Minggu Dibuka, UMB-PT 2013 UNS Baru 89 Pendaftar

|

Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

2 Minggu Dibuka, UMB-PT 2013 UNS Baru 89 Pendaftar

SOLO - Setelah menutup jadwal pendaftaran dua jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru yakni SNMPTN dan SBMPTN, dalam dua pekan ini Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah membuka jalur pendaftaran Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

"UMB-PT telah dibuka sejak 27 Mei hingga 19 Juli 2013. Hingga saat ini di UNS baru tercatat 89 pendaftar," ungkap Kepala Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Drs. Sutarno, MSc, PhD kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Selasa (11/6/2013).

Ke 89 pendaftar UMB-PT UNS, menurut Sutarno, terperinci sebanyak 54 pendaftar ujian IPA, 31 pendaftar ujian IPS, dan empat pendaftar ujian campuran.

Pendaftar itu masih dibagi lagi untuk jenjang Strata Satu (S-1) terdiri 45 peserta ujian IPA, 23 peserta ujian IPS dan tiga peserta ujian Campuran. Sedang untuk jenjang Diploma terdiri dari sembilan peserta ujian IPA, delapan peserta ujian IPS, dan satu peserta ujian Campuran.

Sutarno mengatakan bahwa anggota UMB-PT 2013 adalah 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan enam Perguruan Tinggi Swasta (PTS). PTN peserta UMB-PT di antaranya adalah Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, UNS, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta dan sebagainya.

Sedangkan PTS peserta UMB-PT di antaranya adalah Universitas Bakrie, Universitas Pancasila, Universitas Dian Nuswantoro, dan sebagainya.

"Bagi UNS, jalur UMB-PT ini sebagai pengganti jalur Swadana yang dihapus. Atau dengan kata lain jalur UMB-PT sebagai jelmaan dari jalur Swadana yang telah ditiadakan," ujar Sutarno.

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Sandera Mobil Pertamina