Gugatan Ditolak, Aswaja Pimpin Kabupaten Bondowoso

Rabu, 12 Juni 2013 23:50 wib | Arief Setyadi - Okezone

ilustrasi ilustrasi JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan menolak atas permohonan yang diajukan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Haris Son Haji-Harimas terkait sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bondowoso.
 
Dalam sidang putusan yang digelar pada Rabu (12/6/2013), Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Akil Mocthar dalam putusannya menyatakan menolak. "Permohonan pemohon tidak dapat diterima," katanya dalam persidangan di MK.
 
Alasan MK menolak permohonan tersebut, terang Akil, karena permohonan yang diajukan oleh pemohon salah. Dimana, mahkamah dalam putusannya menimbang kalau permasalahan pemohon terdiri dari tiga hal, pertama berita acara yang diajukan pemohon mengenai hasil penghitungan perolehan suara Pilkada Bondowoso, kedua mengenai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso tentang penetapan pasangan calon terpilih, dan ketiga terkait Keputusan KPU Bondowoso tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso.
 
Dari permohonan tersebut, mahkamah melakukan pemeriksaan terhadap bukti yang ada, namun ditemukan sebuah fakta hukum jika berita acara yang dimaksud pemohon tidak terkait tentang hasil penghitungan perolehan suara dalam Pilkada Kabupaten Bondowoso, melainkan tentang penetapan pasangan calon terpilih.
 
"Pemohon sudah dua kali memperbaiki permohonannya, tetapi dalam permohonannya tetap menjadika berita acara yang dimaksud sebagai objek permohonan," tukas Akil.
 
Sehingga, mengacu pada Pasal 106 ayat (2) UU 32 tahun 2004 yang intinya menyatakan keberatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya berkenaan dengan hasil penghitungan suara yang mempengaruhi terpilihnya pasangan calon. Kemudian, Pasal 4 Peraturan MK No 15 tahun 2008 yang intinya menyatakan jika objek perselisihan Pemilukada adalah hasil pengitungan suara yang ditetapkan oleh pemohon. Maka, secara otomatis, permohonan yang diajukan oleh pemohon salah objek atau error in objecto dan tidak memenuhi syarat.
 
"Dengan demikian, maka permohonan pemohon salah objek (error in objecto), beralasan menurut hukum," pungkasnya.
 
Atas putusan MK tersebut, maka pasangan Amien Said Husni-Salwa Arifin (Aswaja) tetap dinyatakan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso terpilih untuk periode 2013-2018 dengan perolehan suara dalam penghitungan KPU Bondowosao sebanyak 302.573 suara atau 78,4 persen.
(cns)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »