Muhammadiyah: 1 Ramadan 1434 H Jatuh pada 9 Juli

Ilustrasi hilal

Muhammadiyah: 1 Ramadan 1434 H Jatuh pada 9 Juli
SURABAYA- Organisasi Masyarakat (Ormas) Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan 1434 Hijriah jatuh pada 9 Juli. Ketetapan itu berdasarkan Hisab yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menyepakati bahwa 1 Ramadan jatuh pada 9 Juli," kata Sekretaris Pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM) Nadjib Hamid di Surabaya, Kamis (13/6/2013).

Nadjib menjelaskan, pada tahun ini terdapat potensi perbedaan dalam penetapan awal Ramadan. Dia menjelaskan, meski berpotensi ada perbedaan dengan pemerintah, namun penetapan Hari Raya Idul Fitri akan terjadi persamaaan.

Pada kesepakatan dan rapat majelis yang sama, Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriah bertepatan dengan Hari Kamis Wage, 8 Agustus 2013.

"Ada potensi tidak sama di awal puasa, namun tidak perlu ada perdebatan," katanya.

Penetapan tersebut ditandatangani oleh Ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Sekretaris umum PP Mummadiyah Danarto, seperti tertuang dalam Maklumat No.04/MLM/I.0/E/2013 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah 1434 H pada 23 Mei. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alasan Ahok Mencak-Mencak di Depan Buruh