129 Camat & 369 Lurah Lolos Tes Kompetensi

|

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

129 Camat & 369 Lurah Lolos Tes Kompetensi

JAKARTA - Sebanyak 129 camat dan 369 lurah dinyatakan lolos dalam Uji Kompetensi Manajerial dalam seleksi terbuka camat dan lurah yang dilaksanakan sejak 7 Mei hingga 11 Juni 2013 kemarin. Sisanya, sebanyak 153 camat dan 301 lurah dinyatakan belum memenuhi syarat untuk menempati kedua jabatan itu.

Demikian diungkapkan Kepala Asesment Center Mabes Polri, Untung Leksono di Ruang Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Balai Kota, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Untung menjelaskan, tes kompetensi manajerial ini telah dilaksanakan sejak 7 Mei hingga 11 Juni lalu. Bentuk tes kompetensinya meliputi tes psikometrik yang merupakan bagian dari tes psikotes, presentasi terkait jabatan, forum group discussion dan interview.

"Penilaian ini dilakukan oleh 52 orang asesor yang terdiri dari 26 orang dari kepolisian Mabes dan 26 orang dari Pemprov DKI," kata Untung.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Made Karmayoga, mengungkapkan nama-nama camat dan lurah yang lolos hari ini akan diumumkan melalui website resmi pemprov DKI www.jakarta.go.id.

"Kita tayangkan melalui website nama-nama dan skor yang dihasilkan. Hari ini langsung ditayangkan. Dan akan ada juga dilakukan uji publik di mana pengaduan melalui website atau email yg akan jadi pertimbangan pada saat sidang. Mungkin nanti akan kita akan keluarkan nomor SMS. Asal objektiflah," ujar Made.

Made mengatakan, peserta yang lolos akan mengikuti tes tahapan selanjutnya dalam sidang Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjab). Dalam sidang itu, kata Made akan hadir pimpinan-pimpinan termasuk wali kota di lima wilayah, Sekda, Bupati, Asisten, Gubernur Dan Wakil Gubernur untuk memberikan penilaian terakhir terhadap kandidat yang dimaksud.

"Yang menjabat sekarang tetap akan menjabat atas hasil seleksinya. Bisa jadi di tempat itu atau bisa jadi di tempat lain atau bisa juga dimutasi, rotasi dan promosi. Pengukuhannya direncanakan tanggal 21 Juni nanti," jelasnya.

Made pun mengimbau kepada peserta yang tidak memenuhi syarat seleksi untuk tidak berkecil hati karena mereka tidak memenuhi kualifikasi camat dan lurah. Namun, kata Made, bisa jadi mereka memiliki peluang di posisi lain.

(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pakde Karwo Akan Cek BUMD Jadi Tempat Esek-Esek