KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Jateng

Ilustrasi

KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Jateng
SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengumumkan daftar calon sementara anggota legislatif DPRD Jateng sebanyak 1.041 orang. Jumlah tersebut berasal dari 12 partai politik yang menjadi peserta pemilu 2014 mendatang.

Anggota KPU Jateng, Nuswantoro Dwi Warno, mengatakan, dari 12 partai politik peserta pemilu hanya tiga partai yang memenuhi 100 persen dapil. Partai tersebut adalah  PKB, Golkar, dan Gerindra. "Yang paling sedikit tercatat Partai Bulan Bintang (PBB) dengan jumlah DCS sebanyak 36 calon," ungkapnya.

Pihaknya juga sudah mengumumkan nama-nama caleg tersebut pada media cetak dan dipasang di Kantor KPU Jateng mulai hari ini. Hal itu dilakukan agar ada masukan dari masyarakat jika terdapat caleg yang terindikasi tidak memenuhi syarat administrasi sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

"Misalkan calon yang bermasalah dalam pendidikannya, terlibat narkoba, maka masyarakat bisa melaporkan," papar Nuswantoro.

Selain itu, jika ada caleg laki-laki yang mengundurkan diri sebelum penetapan DCT bulan Agustus mendatang, maka tidak diperbolehkan untuk diganti orang lain. Namun untuk caleg perempuan jika mundur diperbolehkan memiliki pengganti. "Hal itu mengingat aturan persentase jumlah perempuan," katanya. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Partai BJP Dominasi Kursi di Maharashtra dan Haryana