KPK Didesak Usut TPPU Rusli Zainal

Minggu, 16 Juni 2013 05:02 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

Rusli Zainal (Foto: Heru Haryono/Okezone) Rusli Zainal (Foto: Heru Haryono/Okezone) PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengambil langkah tegas dengan menjebloskan Gubernur Riau Rusli Zainal ke penjara.

Lembaga anti-korupsi pimpinan Abraham Samad itu juga didesak mengusut dugaan praktek Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus ini.

"KPK harus mengenakan Rusli Zainal dengan TPPU. Bukannya hanya kasus korupsinya saja," sebut Menteri Sospol BEM Universitas Riau (UR), Yopi Pranoto, Sabtu (15/6/2013) kemarin.

Rusli sendiri disebut-sebut memiliki aset sejumlah Rp7 triliun. Uang itu dikabarkan disimpannya di luar negeri yakni Vietnam.

Selain itu, harta Rusli juga dinilai tidak wajar, dari rumah yang ada di mana-mana termasuk dua rumah di Jakarta yang digeledah KPK dari seorang wanita berama Syarifah yang diduga kuat adalah isteri Rusli Zainal yang lain.

"Kita minta KPK memperlakukan Rusli Zainal layaknya mereka memberlakukan TPPU. Termasuk harta-harta yang di atas namakan orang lain. Ini agar koruptor memiliki efek jera. Jadi KPK jangan tebang pilih," tegas Yopi. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »