Hassan Rouhani Terpilih Sebagai Presiden Iran

|

Hassan Rouhani (Foto: AFP)

Hassan Rouhani Terpilih Sebagai Presiden Iran

TEHERAN - Ulama moderat Hassan Rouhani berhasil memenangkan Pemilu Presiden Iran tahun ini. Rouhani berhasil menang setelah memperoleh suara lebih dari 50 persen.

 

"Dengan raihan 18,6 juta suara atau 50,68 persen, Rouhani tak terbantahkan memenangkan pemilu (Presiden Iran)," ujar Menteri Dalam Negeri Iran Mohammad Mostafa Najjar, seperti dikutip Sky News, Minggu (16/6/2013).

 

Sebagai ulama moderat, Rouhani mendapat dorongan besar dari rakyat Iran yang menginginkan perubahan. Kemenangan Rouhani tidak dapat dilepaskan dari mundurnya kandidat dari kalangan reformis Iran lainnya Mohammad Reza Aref.

 

Tokoh-tokoh yang berada di belakang pria lulusan Glasgow Caledonian University ini bukanlah kecil. Rouhani didukung oleh mantan Presiden Iran seperti Mohammad Khatami dan Akbar Hashemi Rafsanjani.

 

Majunya Rouhani sebagai pemimpin sementara perolehan suara Pemilu Presiden Iran juga bertolak belakang dengan pihak konservatif yang tidak ada satupun kandidatnya yang bisa memimpin di perolehan suara. Sepertinya, suara konservatif terpecah belah dalam pemilu kali ini.

 

Pemilu Presiden yang berlangsung pada Jumat 14 Juni kemarin diikuti oleh sekira 80 persen warga Iran yang dianggap layak memberikan suaranya.

 

Rouhani saat ini memegang jabatan sebagai penasihat Ayatullah Ali Khamenei di Dewan Keamanan Nasional dan anggota Dewan Kebijaksanaan dan Majelis Ahli.

 

Sebagain seorang ulama, Rouhani masih berbahasa Inggris, Arab dan Persia. Dirinya juga sudah menulis sekira 100 buku dan artikel serta memimpin sekira 700 penelitian berbeda.

 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Nama Ini Memiliki Kans Besar Jadi Wagub DKI