Siapa Pengganti Taufiq Kiemas di MPR?

Selasa, 18 Juni 2013 20:10 wib | Bagus Santosa - Okezone

Ilustrasi (Foto: dok Okezone) Ilustrasi (Foto: dok Okezone) JAKARTA- Genap 10 hari Ketua MPR Taufiq Kiemas meninggal dunia. Hingga saat ini jabatan ketua MPR pun masih lowong.

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari, mengatakan, MPR sangat berhati-hati untuk menentukan pengganti Taufiq Kiemas. Pasalnya, MPR merupakan lembaga tertinggi, sehingga perlu sosok yang sangat matang dalam memimpin lembaga itu.

"MPR itu kan lembaga negara dengan kewenangan sangat tinggi. Karena bisa mengubah dan menetapkan konstituti, melantik presiden dan wakil presiden, mengganti presiden dan wakil presiden, serta memilih pengganti presiden dan wakil presiden kalau ada kekosongan," kata Hajriyanto di MPR, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Lantaran tugas MPR sebagai lembaga sangat tinggi tadi, maka perlu kriteria ketat untuk mengisi jabatan Ketua MPR. "Tentu make sense saja, kalau disebut negarawan dan soal kesenioritasan tentu menjadi relevan," ujar dia.

Hajriyanto menjelaskan, sebelum ada pengganti Taufiq, jabatan yang lowong itu dipimpin oleh wakilnya. Sebab, kepemimpinan MPR ini bersifat kolektif kolegial. 

"Sesuai dengan UU, apabila terjadi kekosongan, maka pimpinan yang tersisa akan melakukan melaksanakan tugasnya, tidak ada klausul satu orang," paparnya.

Soal pengganti Taufiq, Hajriyanto menjelaskan, hal itu dikembalikan kepada PDIP. Hajriyanto mengatakan surat permintaan nama itu akan diserahkan MPR kepada PDIP. Calon yang diusulkan itu, tambah Hajriyanto, harus dikonsultasikan pada pimpinan partai politik bersama anggota MPR.

"Agar calon pengganti Taufiq Kiemas mendapatkan legitimasi tinggi dan dukungan luas. Tapi semua itu dilakukan dengan semangat kebersamaan, konsensus itu," ujarnya.

Jadi siapa pengganti Taufiq Kiemas, Hajriyanto belum bisa mengungkapkannya. (ugo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »