Ribuan Skripsi, Tesis, Disertasi Mahasiswa UGM Dibukukan

Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Ribuan Skripsi, Tesis, Disertasi Mahasiswa UGM Dibukukan
JAKARTA - Belum semua universitas negeri maupun swasta di Indonesia yang hasil penelitiannya berupa skripsi, tesis, dan disertasi dipublikasikan dalam bentuk buku.

Tapi, ada kabar baik nih, bagi mahasiswa akhir atau yang sedang melakukan proses skripsi, tesis, dan disertasi untuk tidak perlu jauh-jauh ke perpustakaan kampus lain untuk referensi hasil penelitian orang lain.

Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menerbitkan semua hasil skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa yang dianggap berkualitas dalam bentuk buku. Seluruh hasil penelitian tugas akhir mahasiswa ini dicetak oleh penerbitan milik UGM, Gama Press.

Syaratnya mudah, mahasiswa yang akan dan telah menyelesaikan tugas akhir akan disodorkan lembar pernyataan bahwa dirinya bersedia apabila hasil penelitiannya dipublikasikan.

"Jadi dirancang sejak dari awal, skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa siap dipublikasikan," ucap Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc., dalam pelantikan pengelola Gadjah Mada University Press (Gama Press) di ruang Multimedia, seperti yang disitat dari laman UGM, Senin (1/7/2013).

Lanjutnya, UGM memiliki ribuan hasil penelitian setiap tahunnya yang potensial untuk bisa dipublikasikan tapi kenyataannya sedikit yang telah diterbitkan dalam bentuk buku.

"Ada ribuan judul penelitian, ribuan skripsi, tesis, dan disertasi setiap tahunnya, tapi Gama press tidak punya naskah untuk diterbitkan. Makanya status atau tugas Gama Press diubah, produksi naskah dari hasil penelitian," ungkapnya.

Pratikno melanjutkan, Gama press yang sebelumnya menjadi unit usaha UGM di bawah kendali PT GMUM, saat ini sudah berubah statusnya menjadi unsur penunjang universitas setelah mendapat persetujuan dari Majelis Wali Amanat (MWA) UGM akhir tahun lalu.

"Poinnya mensinergikan dan megintegrasikan kegiatan riset dan pendidikan dosen mahasiswa," tuturnya.

Dia berharap, Sebagai unsur penunjang, Gama Press tidak hanya melayani bidang penerbitan dan percetakan buku namun juga mampu mempublikasikan karya dosen dan mahasiswa dalam bentuk digital. "Bukan hanya printed, tapi juga dalam bentuk e-book dan e-jurnal," harapnya. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bersihkan Korupsi, Jokowi Harus Pilih Jaksa Agung dari Eksternal