Update, Korban Tewas Gempa Aceh Jadi 31 Orang

Rabu, 03 Juli 2013 17:40 wib | Salman Mardira - Okezone

(Ilustrasi, Okezone) (Ilustrasi, Okezone) BANDA ACEH - Selain di Kabupaten Bener Meriah, korban tewas akibat gempa juga bertambah di Aceh Tengah. Hingga sore ini tujuh jasad ditemukan dari reruntuhan gempa, sehingga jumlah korban tewas di kabupaten itu kini sudah 17 orang.

“Sudah 17 meninggal dan 140 luka-luka. Itu dulu updatenya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Tengah, Subhan Sahara, saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (3/7/2013).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan korban tewas Bener Meriah dan Aceh Tengah sebanyak 24 orang. Dengan data terakhir ini berarti korban tewas gempa Aceh sudah 31 orang.

Subhan tak merinci dari mana saja asal korban. Identitasnya juga belum diketahui. Pendataan terhadap korban masih terus dilakukan. Terganggunya sarana komunikasi di lokasi gempa, khususnya di Aceh Tengah, membuat banyak data tak terinput maksimal.

Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ace, Zukarnaini mengakui, akses komunikasi ke dua daerah terparah ditimpa gempa sangat sulit, khususnya untuk Aceh Tengah. “Komunikasi ke Aceh Tengah sangat sulit,” sebutnya.

Untuk memudahkan komunikasi, BPBA kini sudah mengerahkan seunit mobil komunikasi ke Bener Meriah. Selain itu pihaknya juga sudah mengirim tim relawan, SAR, mobil operasional, serta tenda-tenda darurat ke sana.

Sementara itu, Dinas Sosial Aceh juga sudah mengerahkan dua truk bantuan logistik berupa gula, minyak goreng, beras, mi instan dan lainnya ke Bener Meriah. Sedangkan Dinas Kesehatan mengirim tim medis ke sana.
(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »