Gempa 5,9 SR Guncang Malang, Warga Rasakan selama Lima Detik

|

Ilustrasi

Gempa 5,9 SR Guncang Malang, Warga Rasakan selama Lima Detik

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah tenggara Malang, Jawa Timur, pukul 09.13 WIB tadi. Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami, serta dilaporkan belum ada korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa itu.

"Titik gempa berada di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT, kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 Km sebelah tenggara Malang (Jatim), 114 Km barat daya Lumajang (Jatim), 130 Km barat daya Jember (Jatim), atau 202 Km tenggara Surabaya," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat kepada Okezone di Jakarta, Senin (8/7/2013).

 

Dia menjelaskan, di Kota Malang getaran terasa sedang selama tiga sampai lima detik. Gempa menyebabkan lampu di dalam gedung bergoyang, sehingga masyarakat memutuskan keluar rumah.

"Di Bondowoso gempa terasa cukup kuat selama lima detik. Masyarakat yang ada di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung. Tidak ada kerusakan, di Jember gempa dirasakan cukup kuat selama lima detik. Masyarakat sebagian keluar rumah, tidak ada kerusakan," terangnya.

Berdasarkan peta, guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. "BPBD masih melakukan pengecekan ke bagian selatan," pungkasnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penghina Jokowi Sudah Tanda Tangani Surat Penangguhan Penahanan