Peserta Jalur Mandiri Unnes Bisa Terima Bidik Misi

|

Ilustrasi : ist.

Peserta Jalur Mandiri Unnes Bisa Terima Bidik Misi

JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggratiskan biaya pendaftaran bagi peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang mengikuti program Bidik Misi. Lantas, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar?

Para pendaftar harus mememperoleh Kode Akses Peserta (KAP) dari kepala sekolah. Dengan KAP tersebut pendaftar bisa mendaftarkan diri di laman Bidik Misi http://bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar di laman tersebut peserta akan memperoleh username dan password untuk melakukan pendaftaran di laman SPMU.

Demikian disampaikan Kepala UPT Humas Unnes, Sucipto Hadi Purnomo. “Calon pendaftar harus didaftarkan oleh kepala sekolah supaya bisa memperoleh KAP,” ujar Sucipto, seperti disitat dari laman Unnes, Kamis (11/7/2013).

Tahun ini, sebanyak 734 beasiswa Bidik Misi telah disalurkan Unnes kepada calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari 968 calon mahasiswa yang mengajukan, sebanyak 234 pelajar dinyatakan gugur saat verifikasi lapangan.

Sucipto menyebut, alokasi beasiswa Bidik Misi tidak hanya berhenti pada jalur SNMPTN. Sebanyak 1.016 kuota Bidik Misi dari Unnes akan disalurkan kepada calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SPMU.

“Di Jalur SBMPTN ada 1.152 calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Bidik Misi. Pemohon akan diverifikasi dengan kunjungan ke rumah sebelum diputuskan akan diterima atau ditolak permohonan bidik misinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, penyaluran Bidik Misi dilakukan berdasarkan kelayakan penerima. Unnes, lanjutnya, tidak membagi kuota Bidik Misi yang dimiliki berdasarkan jalur masuk supaya bidik misi bisa benar-benar tepat sasaran.

“Berdasarkan pengalaman pada proses sebelumnya, sekira 20 persen pemohon gugur saat dilakukan verivikasi lapangan. Karena itu, sangat dimungkinkan calon mahasiswa jalur SPMU juga memperoleh beasiswa ini,” beber Sucipto.

Jalur SPMU Unnes telah dibuka sejak 20 Juni lalu hingga 16 Juli mendatang. Pada jalur terakhir itu Unnes menawarkan 734 kursi yang tersebar dalam delapan fakultas.

Layaknya SBMPTN, seleksi SPMU menggunakan tes tertulis. Tes tulis dijadwalkan pada Minggu 21 Juli sementara tes keterampilan bagi calon mahasiswa yang memilih jurusan seni dan olahraga akan dilaksanakan hari berikutnya.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cegah Konflik, Jokowi Harus Reformasi Sektor Keamanan