India & China Rencanakan Latihan Militer

|

Foto : Pasukan China (Reuters)

India & China Rencanakan Latihan Militer

NEW DELHI - India dan China merencanakan latihan gabungan antara angkatan laut dan darat kedua negara itu di masa yang akan datang. Latihan itu semata-mata ditujukan untuk meningkatkan sikap saling percaya antar dua negara kuat di Asia itu.

Militer India dan China menyebut latihan gabungan itu dengan nama Hand-to-Hand. Latihan itu akan menjadi latihan ketiga mereka yang diselenggarakan di Chengdu. Waktu pelaksanaan akan jatuh pada Oktober mendatang.

Kesepakatan menggelar latihan militer itu muncul di saat mereka menggelar rapat. Latihan itu dinilai bisa meningkatkan kecakapan militer-militer kedua negara itu. Jadwal dan detil pelatihan akan diumumkan dalam rapat selanjutnya. Demikian, seperti diberitakan PTI, Jumat (12/7/2013).

Latihan pertama India dan China diselenggarakan di Belgaum, Karnataka, pada 2007 silam. Pada 2008, China pun menjadi tuan rumah latihan gabungan dengan India.

Sejauh ini, kedua negara Asia tersebut masih terlibat dalam perseteruan mengenai penyusupan pasukan di wilayah. Beberapa dialog antar-militer sudah dilakukan untuk meredakan ketegangan yang ada. Namun permasalahan lain pun sering muncul.

Meski demikian, China dan India tetap sepakat untuk merundingkan masalah tersebut. Mereka juga menghindari penggunaan kekerasan, agar perseteruan itu tidak meruncing.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Syarat Penangguhan Penahanan MA Belum Lengkap