Menjamur, LSM Liar di Karanganyar Akan Dipangkas

|

KARANGANYAR- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kebangpol (Kesbangpol) Karanganyar, Jawa Tengah, akan melakukan penertiban Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dinilai liar.

Penertiban LSM itu dilakukan menyusul banyaknya keluhan dari masyarakat yang sering kali resah dengan keberadaan LSM tersebut.

Kabid Politik dan Kemasyarakatan Kesbangpol Karanganyar, Widodo, mengatakan, penertiban akan mengacu pada Permendagri Nomor 33 tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan.

Dengan pedoman tersebut, LSM diwajibkan setiap akhir tahun melaporkan perubahan Struktur Organisasi dan Kegiatan.

"Sedangkan LSM yang akan mengajukan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) baru, harus memenuhi syarat 23 item sesuai ketentuan Permendagri di antaranya mengajukan permohonan pencatatan yang ditujukan Bupati tembusan kepada Kepala Kesbangpol," papar Widodo kepada Okezone di Karanganyar, Jumat (12/7/2013).

Selain itu, ungkap Widodo, diharuskan melampirkan akte pendirian dari notaris dan AD/ART.

"Saya sudah sosialisasikan, bagi LSM yang sudah ber-SKT supaya melaporkan perubahan kepengurusan. Kegiatan harus sesuai bidangnya pada akhir tahun, sedangkan yang baru, harus mempunyai kegiatan minimal 50 persen di kecamatan atau Kabupaten," ujarnya.

Saat ini, di Kabupaten Karanganyar terdapat 148 LSM yang mempunyai SKT, hanya sekira 15 yang masih aktif dan melaporkan diri ke Kantor Kesbangpol.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Telusuri Rekening Gendut, Mahfud MD Minta KPK dan Kejagung Koordinasi