8 Blok Rusun Muara Baru untuk Warga Waduk Pluit

|

8 Blok Rusun Muara Baru untuk Warga Waduk Pluit

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan delapan blok rumah susun (rusun) di Muara Baru, Jakarta Utara untuk warga Waduk Pluit yang akan direlokasi dari tempat tinggalnya.

"Delapan blok rumah susun untuk pembenahan warga Waduk Pluit. Karena di sisi timur waduk itu masih banyak warga. Kita prioritaskan warga zona di atas air," kata Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta, Jonathan Pasodung saat dihubungi wartawan, Senin (15/7/2013).

Dari delapan rusun tersebut, Jonathan menjelaskan, ada kurang lebih 800 unit tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan warga Waduk Pluit. "Sebelumnya sudah ada empat blok, ditambah nanti delapan blok jadi akan ada 12 Blok," terangnya.

Terkait sumber dana dari pembangunan itu, Jonathan menjelaskan, pembangunan rusun berasal dari perusahaan swasta yang memiliki kewajiban untuk mendirikan fasilitas khusus atau fasilitias umum sekira 20 persen dari luas lahan yang dimilikinya.

Jonathan enggan merinci siapa pengembang yang bersedia membangun rusun tersebut.

Menurut rencana, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan melakukan ground breaking pembangunan rusun pada pukul 13.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, rusun Muara Baru merupakan salah satu lokasi yang disiapkan Jokowi untuk merelokasi warga yang mendirikan rumah di atas waduk Pluit.

Ribuan rumah di atas Waduk Pluit itu membuat luas waduk yang semula sekira 80 hektare, menyusut menjadi 60 hektare. Tak hanya itu, kedalaman waduk yang seharusnya 10 meter pun semakin dangkal dan hanya menyisakan tiga meter saja.

(trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tanggap Darurat Gamalama hingga 1 Januari 2015