Pemerintah Segera Bangun Infrastruktur Jalan di Wilayah Terpencil

|

Armida Alisjahbana (Foto: Runi Sari/Okezone)

Pemerintah Segera Bangun Infrastruktur Jalan di Wilayah Terpencil

JAKARTA - Menteri Negara Percepatan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, menawarkan solusi untuk membuka keterisolasian di daerah perbatasan yakni dengan melakukan pembangunan infrastruktur jalan untuk konektivitas baik melalui jalur darat maupun laut.

Pembangunan akses untuk konektivitas tersebut bisa dilakukan dengan membentuk lokasi prioritas (lokpri) untuk membangun wilayah perbatasan agar bisa terhubung dengan daerah lain.

"Skenario mengatasi keterisolasian di perbatasan darat permasalahan utama adalah minimnya akses jalan menuju lokpri," ungkap Armida saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini juga menjelaskan, pembangunan konekvitas bisa berupa membangun jalan non status yang menghubungkan antar desa di kecamatan perbatasan.

Kemudian juga pembangunan jalan kabupaten yang menghubungkan ibu kota kecamatan perbatasan dan pembangunan jalan provinsi dan jalan nasional strategis yang menghubungkan kabupaten dan pusat kegiatan nasional/kegiatan strategis nasional.

Sedangkan, wilayah perbatasan laut, lanjut Armida, permasalahan utama adalah minimnya akses antar pulau terluar. Pembangunan atau rehabilitasi dermaga kecil (perintis) atau tambahan perahu di pulau-pulau terpencil atau terluar kata dia yakni solusi untuk menjaga konektivitas tersebut.

"Persoalannya adalah dana untuk alokasi pembangunan jalan tersebut yang masih minim. Pemerintah hanya memiliki anggaran Rp26 triliun untuk 19 dana alokasi khusus (DAK). Kita harus ajak investor. Kalau sarana prasaran itu belum terbangun ya belum bisa," tuntasnya.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Telusuri Rekening Gendut, Mahfud MD Minta KPK dan Kejagung Koordinasi