Pemberhentian Bupati Boven Digoel Masih Menuai Kontroversi

Sabtu, 20 Juli 2013 23:07 wib | Rizka Diputra - Okezone

Pemberhentian Bupati Boven Digoel Masih Menuai Kontroversi Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Bupati Boven Digoel Papua, Yusak Yaluwo, resmi diberhentikan dari jabatannya lantaran terjerat kasus korupsi. Surat Keputusan (SK) pemberhentian Yusak Yaluwo ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Restuardy Daud, mengatakan, pemerintah resmi memberhentikan Yusak Yaluwo dari jabatannya sebagai Bupati Boven Digoel Papua, pada Mei 2013. Tugas bupati saat ini dijalankan oleh wakilnya, Yesaya Merasi, selaku Pelaksana Tugas (Plt).

“Pak Yusak Yaluwo sudah resmi diberhentikan sejak Mei 2013 lalu,” ujar Restuardy Daud dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

Restuardy yang juga juru bicara Kemendagri ini menambahkan, Surat Keputusan (SK) pemberhentian Bupati Boven Digoel telah disampaikan Mendagri kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

“Ada pun tugas bupati sehari-hari di daerah saat ini dilakukan oleh wakil bupati sebagai pemegang kendali pemerintahan,” tuturnya.

Sekadar diketahui, Yusak Yaluwo berstatus tersangka sejak Mei 2010. Dia diduga melakukan tindak penyimpangan penggunaan keuangan daerah setempat sejak 2005 sampai 2007. Tak hanya itu, dia juga diduga terjerat kasus dugaan korupsi dana otonomi khusus (otsus) untuk Kabupaten Boven Digoel senilai Rp130 miliar.

Yusak yang kemudian memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boven Digoel dalam satu putaran itu tetap menjalankan roda pemerintahan kabupaten dari balik jeruji besi Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang Jakarta Timur.

Upaya kasasi dirinya pada Oktober 2011 lalu ditolak oleh Mahkamah Agung (MA) sehingga vonis lima tahun penjara kepadanya harus tetap dijalankan. Yusak saat ini ditahan di LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, untuk menjalani sisa masa tahanannya.
(tbn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »