Kapolsek Harus Berpangkat Kombes, Minimal AKBP

|

Dokumentasi Seputar Indonesia

  Kapolsek Harus Berpangkat Kombes, Minimal AKBP

JAKARTA - Sebelum menanggalkan jabatan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Nanan Sukarna, memiliki harapan besar untuk perubahan di tubuh Polri. Jenderal bintang tiga itu berharap ada perubahan sistem kepemimpinan untuk jajaran wilayah di Indonesia.  

 

Menurut Nanan, institusi Kepolisian Sektor (Polsek) sebaiknya dipimpin oleh para perwira menengah (Pamen). Hal itu agar para pamen yang telah mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian lebih memaksimalkan ilmunya dan memperkuat jajaran di wilayah.

 

"Saya berharap Kapolsek di Indonesia berpangkat Kombes, wakilnya AKBP, mereka itu kan perwira yag sudah mendapat pendidikan lama di Akpol, jadi kalau leadernya kuat, ditambah jumlah jajarannya, akan mampu memimpin wilayah dengan maksimal. Jadi bisa buat keputusan sendiri, tanpa perlu melibatkan atasan, kekuasaanya sama kok, kalau tidak mampu ya turunkan pangkatnya, masak Kombes tidak mampu memimpin Polsek," ujar Nanan saat ditemui di Korlantas Mabes Polri, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2013).

 

Dikatakan Nanan, sistem Polri berbeda dengan militer, dimana militer memiliki sistem kepemimpinan vertikal, sedang kepolisian memiliki sistem horizontal, yang mana setiap jajaran mempunyai kewenangan yang sama.

 

"Kalau militer itu yang di depan dari pangkat terbawah, harus melalui keputusan atasan, kalau Polri tidak, jika dia sudah diberi kekusaan untuk memimpin satu wilayah, kewenangannya penuh. Polri itu chipnya harus di depan, agar lebih baik, minimal Kapolsek itu berpangkat AKBP. Berapa banyak pamen yang ada di Mabes, mereka di kantor saja, padahal kalau diturunkan ke depan akan lebih maksimal kinerja Polri," paparnya.

 

(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hong Kong dan Makau Tetap Satu China