Satu Juta Bendera Merah Putih Ditargetkan Berkibar di Aceh

Kamis, 15 Agustus 2013 15:24 wib | Salman Mardira - Okezone

Merah Putih berkibar di jalanan Banda Aceh (Salman Mardira/Okezone) Merah Putih berkibar di jalanan Banda Aceh (Salman Mardira/Okezone) BANDA ACEH - Kodam Iskandar Muda menargetkan pengibaran satu juta bendera merah putih di Provinsi Aceh untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-68 tahun pada 17 Agustus. Untuk menyukseskan agenda tersebut, puluhan ribu bendera akan dibagikan gratis kepada warga.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk memeriahkan HUT RI dengan mengibarkan bendera (merah putih) sebanyak-banyaknya. Kami punya program (pengibaran) satu juta bendera," kata Kapendam Iskandar Muda, Kolonel Arh Subagio Irianto, kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (15/8/2013).

Untuk memeriahkan hari proklamasi sejak beberapa hari ini, pemerintah, Polda Aceh, LSM dan Kodam ikut membagi-bagikan bendera merah putih kepada masyarakat di berbagai daerah. Subagio mengaku tidak memiliki data berapa jumlah bendera yang telah dibagikan. "Kodam sendiri saya tidak ingat lagi, ya ada ribuan," ujarnya.

Dia menolak asumsi bahwa pembagian bendera ini untuk mengantisipasi pengibaran bendera bulan bintang bertepatan dengan delapan tahun penandatanganan MoU damai antara RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang diperingati hari ini. "Tidak, tidak, ini hanya untuk memeriahkan HUT kemerdekaan," tukas Subagio.

Bendera merah putih kini sudah berkibar di sejumlah daerah di Aceh, menyusul adanya imbauan pengibaran sang saka merah putih jelang HUT RI sekaligus adanya pelarangan bendera bulan bintang. Di sepanjang Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, merah putih kini berkibar di kiri kanan jalan depan rumah warga. Hal serupa juga terlihat di Kota Banda Aceh.

Menurutnya, TNI tak melakukan pengamanan khusus dalam HUT RI kali ini, karena berdasarkan informasi intelijen di lapangan kondisi keamanan di Aceh kini masih sangat kondusif. "Masih sangat kondusif, sangat aman. Kondisi masyarakat Aceh (dalam mengibarkan merah putih) juga sangat antusias," sebut dia.

Peringatan HUT RI akan dipusatkan di sejumlah titik. Peringatan detik-detik proklamasi terbesar di Aceh akan dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang juga mantan Menteri Luar Negeri GAM yang lama mengamankan diri di Swedia akan bertindak sebagai inspektur upacara untuk kedua kalinya.
(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »