Putusan Eksekutor 'Cebongan' Dijadwalkan 5 September

|

Sidang tiga terdakwa 'Cebongan' berkas pertama (foto: Prabowo/Okezone)

Putusan Eksekutor 'Cebongan' Dijadwalkan 5 September

YOGYAKARTA - Sidang putusan terhadap tiga terdakwa dalam berkas pertama kasus penyerangan berujung tewasnya empat tahanan di Lapas Klas IIB Cebongan, Sleman, diagendakan pada 5 September 2013.

"Setelah kami mendengar semua dalam persidangan, sekarang tibalah majelis hakim bermusyawarah untuk memberikan putusan. Majelis akan membacakan pada hari Kamis, 5 September 2013," kata Ketua Majelis Hakim, Letkol Joko Sasmito dalam sidang dengan agenda Duplik di Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta, Kamis (22/8/2013).

Waktu dua minggu dari sekarang, lanjutnya, dianggap sudah cukup bagi majelis untuk memberikan putusan atas perkara dengan terdakwa Serda Ucok Tigor Simbolon (Eksekutor Dicky Cs), Serda Sugeng Sumaryanto, dan Koptu Kodik.

Joko meminta tanggapan Ketua Tim Oditur, Letkol Budiharto dan Ketua Tim Penasehat Hukum para terdakwa, Letkol Rochmat. Budiharto maupun Rochmat sepakat atas pembacaan putusan pada 5 September nanti. "Kami sependapat dengan majelis hakim," kata Budiharto.

Majelis Hakim, kata Joko, mengaku berat memutuskan kasus tersebut. Sebab, majelis harus mempertimbangan kepentingan-kepentingan yang ada. Mulai dari kesatuan dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, kepentingan masyarakat, mengakomodir kepentingan oditur dan sebagainya.

"Bagi majelis kami juga sangat berat dalam pemberi putusan, tetapi kami akan usahan bisa memberikan putusan seadil-adilnya," tegasnya.

Joko juga meminta tiga terdakwa supaya terus doa, karena cara tersebut dapat memberi 'ketenangan' dalam menghadapi segala permasalahan. "Saya hanya bisa menyarankan agar para terdakwa selalu berdoa, berdoa sesuai dengan keyakinan agar selalu mendapat perlindungan dari Yang Maha Kuasa," pungkasnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Blusukan ke Perbatasan Timor Leste