Ribut Tak Berakhir, Warga Geruduk Keraton Surakarta

|

Warga bersitegang dengan prajurit Keraton Surakarta (Foto: Bramantyo/Okezone)

Ribut Tak Berakhir, Warga Geruduk Keraton Surakarta

SOLO - Kisruh di Keraton Kasunanan Surakarta menyusul gagalnya pengukuhan Maha Menteri KGPHPA Tedjowulan masih berlanjut. Ratusan warga Baluarti di lingkungan keraton kesal dan merangsek ke depan utama Keraton Kasunanan.

Warga turun ke jalan karena kesal melihat konflik keraton yang tak kunjung selesai, namun saat ratusan warga berduyun-duyun datang memaksa untuk masuk pintu Kamandungan, langkah mereka dihadang Soreng Pati atau prajurit keraton.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara Soreng Pati dengan warga. Jumlah warga yang semakin banyak membuat Soreng Pati mundur. Sejumlah Soreng Pati lainnya yang berjaga di depan pintu utama keraton ikut turun menghadang warga. Akibatnya, aksi saling dorong kembali terjadi hingga seorang Soreng Pati terkena pukulan.

Melihat anggotanya terkena pukulan, Soreng Pati lainnya emosi dan mengacung-acungkan parang ke arah warga. Kondisi tersebut memicu kemarahan warga Baluarti. Warga semakin emosi mengejar Soreng Pati yang mengacungkan parang.

Langkah itu terhenti karena dihadang polisi yang berjaga. Polisi juga menangkap salah satu warga yang dianggap sebagai provokator.

"Kamu bukan prajurit keraton, kamu orang bayaran. Kami warga Baluarti ingin keraton kembali tenteram. Yang di dalam, Mung dan yang lainnya, kalian semua ke luar," teriak warga yang sudah mengepung keraton, Senin (26/8/2013).

Teriakan warga kembali menggema, saat melihat Kanjeng Satrio yang dianggap hanya berstatus menantu ikut menghadang mereka. Warga menilai, meski hanya berstatus sebagai menantu, namun Kanjeng Satrio dianggap sebagai pihak paling bertanggung jawab terhadap kisruhnya Keraton Kasunanan pasca-rekonsiliasi dua raja kembar.

Bentrokan antar-dua kubu itu tidak berlanjut, setelah aparat berhasil meredam emosi warga. 

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Tangkap Tiga Suporter Bonek