Ini Profil KSAD Letjen Budiman

|

Jenderal Moeldoko (Foto: Dok. Okezone)

Ini Profil KSAD Letjen Budiman

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), resmi melantik Letnan Jenderal Budiman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat di Istana Negara, Jumat (30/8/2013). Mantan Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemenhan) ini menggantikan Jenderal Moeldoko yang diangkat menjadi Panglima TNI.

Berikut ini profil Budiman berdasarkan rilis yang diterima Okezone dari Markas Besar Angkatan Darat Dinas Penerangan.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1956, ini merupakan perwira penerima Bintang Adimakayasa sebagai lulusan terbaik Akabri tahun 1978. Budiman menikah dengan Wanti Mirzanti dan dikarunia tiga anak, yakni Budi Diwyacitta, Budi Wiratama, dan Anindyanari.

Budiman mengawali  kariernya sebagai Danton Yonzipur-3 di Kodam III/Siliwangi. Setelah itu, ia menjabat Danki-A Yonzipur-3 Kodam III/Siliwangi, Dankitar Akabri Darat, Pasiops Yon Dewasa Tarsis Akmil, Dan Kotakta Yontar Remaja, Kasi Siapsat Bagbinsat Ditziad, dan Danden Zipur-6/Kodam VI Tanjung Pura.

Setelah itu, ia masuk ke Kopassus sebagai Kazi Kopassus, Danyon Zipur-10 Kostrad, dan Pabadya-3/Latgab Panan-II/Sopsad. Ia diangkat menjadi Sespri Wakil KSAD tahun 1997, kemudian Sespri KSAD tahun 1998 dan Koorspri KSAD pada tahun yang sama.

Sejak tahun 1999 Budiman menjabat Komandan Pusdikzi di Bogor, lalu Paban II/Bindik Spersad tahun 2002. Pada 2002 ia diberi kepercayaan menjabat Danrem 061/Surya Kencana Dam III/Siliwangi. Setelah itu, ia menjabat Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Polkamnas dan Sesmil Setneg tahun 2008.

Beberapa jabatan yang pernah diembannya yakni Pangdam IV/Diponegoro tahun 2009, Dankodiklat TNI AD tahun 2010, dan Wakil KSAD tahun 2011.

Budiman juga pernah menjalani tugas di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Somalia, Papua Niugini, Denmark, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Selain itu ia pernah mengikuti  operasi militer, seperti Operasi Seroja di Timor-Timur, Operasi Bhakti Trans Kalimantan, dan Unoson II di Somalia.

Jenderal Moeldoko dipilih menjadi Panglima TNI setelah uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Mantan KSAD itu menggantikan Jenderal Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun. Sedangkan, Letjen Budiman sebelumnya menjabat sebagai Sekjen di Kementerian Pertahanan

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Bantah Ada Warga Tewas Akibat Terlindas Water Canon