Polisi Tangkap 3 Dalang Kerusuhan Pilwalkot Probolinggo

Ilustrasi

Polisi Tangkap 3 Dalang Kerusuhan Pilwalkot Probolinggo
PROBOLINGGO - Tim gabungan Polresta Probolinggo dan Polda Jawa Timur menangkap tiga orang yang diduga sebagai provokator kerusuhan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Probolinggo. Polisi juga memburu orang-orang yang diduga menjadi dalang kerusuhan.

Tiga orang yang ditangkap yakni, AG, AK dan EP. Saat ini ketiganya tengah menjalani pemeriksaan di Mapolresta Probolinggo. Sementara seorang pelaku lain, DS, yang sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) dalam pengejaran polisi.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Cahyono, mengungkapkan, dari pengembangan pemeriksaan, polisi mengamankan tiga orang yang diduga provokator kerusuhan. Pihaknya mengimbau satu orang yang ditetapkan sebagai DPO untuk menyerahkan diri.

"Dari hasil pemeriksaan, tiga orang pelaku lain berhasil ditangkap. Polisi masih mengejar seorang pelaku lagi yang melarikan diri. Kami minta agar dia segera menyerahkan diri," kata Unggung, Minggu (1/9/2013). 

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setiyawan, menambahkan, para pelaku akan dibawa ke Mapolda Jatim. Pemeriksaan di Surabaya untuk menjaga keamanan agar situasi di Kota Probolinggo kondusif. Penangkapan para pelaku didasarkan atas bukti-bukti, yakni dari rekaman video dan foto saat kejadian.

"Penangkapan ketiga pelaku ini merupakan hasil pengembangan pemeriksaan AR, pelaku yang ditangkap lebih dulu," kata Awi.

Saat ini, suasana di Kota Probolinggo sudah normal. Namun petugas Kepolisian tetap berjaga-jaga di sejumlah tempat, terutama di lokasi terjadinya kerusuhan beberapa hari lalu.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Sukirman, menyatakan, proses rekapitulasi PPK Mayangan telah selesai. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, rekapitulasi dilakukan di Kantor KPU Kota Probolinggo, namun pelaksanannya dilakukan petugas PPK Mayangan.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ibas: Kita Beri Jokowi Kesempatan 100 Hari