Foke Jadi Dubes Jerman, Komisi I DPR Tak Kaget

|

Fauzi Bowo (Foto: Okezone)

Foke Jadi Dubes Jerman, Komisi I DPR Tak Kaget

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dikabarkan menjadi Duta Besar (Dubes) Jerman.

 

Menanggapi hal itu, anggota Komisi I DPR Ramadhan Pohan, mengaku tak terkejut dengan rencana pemerintah untuk menjadikan Foke sebagai Dubes Jerman.

 

"Saya sih mendengar, tapi kan belum resmi. Nanti kalau sudah masuk di Komisi I baru dibahas," ungkap Ramadhan kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

 

Menurut Ramadhan, tak heran jika Foke terpilih menjadi Dubes Jerman. Pasalnya, Foke pernah mengenyam pendidikan di Jerman dan memiliki banyak pengetahuan, serta pengalaman mendalam terhadap Jerman.

 

"Kalau diajukan oleh pemerintah itu Pak Fauzi Bowo, tentu tidak mengejutkan," tuturnya.

 

Ramadhan mengatakan jika Foke menjadi Dubes Jerman, hal itu tentu akan memudahkan Indonesia dalam mengejar target-target yang diharapkan pemerintah.

Pasalnya, Foke sudah terbiasa dengan masyarakat Jerman. "Tidak akan mengalami kesulitan, kebingungan, karena bisa bahasa sehari-hari dengan masyarakat Jerman sendiri," kata Ramadhan.

 

Politikus Demokrat ini berharap, ke depan hubungan bilateral Indonesia dengan Jerman akan lebih baik.

 

"Kalau memang beliau yang diajukan ke Komisi I, kita lihat di fit and proper test nanti. Biasanya nanti dikasih kesempatan untuk mempresentasikan 7-8 menit pikirannya," jelas Wakil Ketua Komisi I itu.

 

Sementara itu, Ketua Komisi I Mahfudz Sidik mengaku, sosok Foke dianggap cocok untuk menjadi Dubes Jerman.

 

"Selama ini kan rekrutmen Dubes itu ada dari diplomat karir dan non karir. Kalau Pak Fauzi masuk, berarti beliau masuk dari non karir. Beliau kan lama di Jerman juga," kata Mahfudz.

 

Menurut Mahfudz, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memang sudah kirim surat ke DPR, dan hari ini akan dibacakan pada Sidang Paripurna dan akan disampaikan ke Komisi I.

 

"Nanti akan ada rapat internal di Komisi I untuk membahas itu," tuntas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS ) itu.

(sus)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Setelah Anaknya Dikubur, Ibu Ini Alami Perampokan