Kapal Tabrakan di Danau Toba 4 Hilang, KM Yola Diduga Overcapacity

|

(Ilustrasi, Okezone)

Kapal Tabrakan di Danau Toba 4 Hilang, KM Yola Diduga Overcapacity
MEDAN - Festifval Danau Toba 2013 yang baru dibuka oleh Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, Minggu (8/9/2013), tercoreng akibat tabrakan kapal pariwisata KM Yola dan ferry Tao Toba I. Lokasi kecelakaan berjarak tiga kiolometer dari Pelabuhan Tomok.

Dari informasi yang dikumpulkan Okezone, insiden bermula saat kapal ferry Tao Toba I berlayar dari Pelabuhan Tomok menuju Parapat. Kapal tersebut menyerempat KM Yola yang sarat penumpang.

Meski KM Yola tak terbalik, namun sejumlah penumpangnya terjatuh ke danau karena kapal sempat oleng.

Kapolres Samosir, AKBP Doni Damanik, mengatakan, pihaknya masih mencari empat penumpang yang hilang dan melakukan penyelidikan.

Belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut. Dugaan sementara, KM Yola gagal mengelak dari tabrakan karena kelebihan muatan.

“KM Yola itu harusnya penumpangnya 30 orang, tapi ternyata diisi sampai 85 orang. Kalau asumsi kami sementara KM Yola enggak bisa mengelak sewaktu mengetahui ada ferry di depannya,” jelas Doni kepada Okezone.

Ia memastikan, 81 penumang KM Yola selamat. “Sebanyak 81 selamat, empat masih hilang, yakni Uji (23) warga Medan, Sandi (20) warga Marelan Hamparan Perak, Susiono (30) warga Tanjung Morawa, dan Ujang (28) Lubuk Pakam. Sementara nakhoda dua kapal sudah kami amankan dan tengah diperiksa,” paparnya.

Untuk mencari empat korban hilang, petugas SAR telah dikerahkan. Selain menyisir danau, tim SAR juga menyusuri daratan dan memantau dari udara.

“SAR sudah turun, enam penyelam SAR sudah didatangkan dari Medan dan tengah melakukan pencarian. Tadi sore pencarian dari udara juga sudah dilakukan, namun belum membuahkan hasil,” tutupnya.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janji Jokowi Mulai Ditagih