Korupsi Benih, Kejagung Akan Cek Kesehatan Eks Dirut PT SHS

|

Adi Toegarisman (Foto: Putra/Okezone)

Korupsi Benih, Kejagung Akan Cek Kesehatan Eks Dirut PT SHS

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap bekas Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (SHS) Eddy Budiono yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan bibit hibrida PT SHS tahun 2008-2012 di Kementerian Pertanian (Kementan).

Pasalnya, tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan bibit hibrida PT Sang Hyang Seri (SHS) tahun 2008-2012 di Kementerian Pertanian (Kementan).

Sebelumnya, Eddy Budiono mangkir dari pemeriksaan penyidik pidana khusus Kejagung dengan alasan sakit, sementara empat tersangka lainnya sudah ditahan.

"Kan sakit, kita lihat dulu akan undang kembali mudah-mudahan sakitnya segera sembuh untuk bisa melaksanakan (pemeriksaan)," tegas Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) M Adi Toegarisman kepada wartawan, Senin (9/9/2013).

Penyidik lanjut Adi, tidak akan tinggal diam menunggu Eddy memenuhi panggilan penyidik. Penyidik akan menelusuri apa benar Eddy benar-benar sakit atau tidak.

"Jika sudah waktunya, kita akan mengkroscek kebenaran sakitnya. Kita lihat besok sudah sembuh atau belum. Kita akan undang kembali atau kita akan mengkroscek apa benar-benar sakit," lanjut Adi.

Ihwal apakah Eddy dapat dipanggil secara paksa kendati tetap beralasan sakit, menurutnya langkah tersebut dapat dipertimbangkan. "Langkah itu (pemanggilan paksa) diambil kalau kita sudah lihat langsung kondisi yang bersangkutan," pungkasnya.

Sekadar diketahui penyidik pidsus Kejagung telah menahan empat orang tersangka dalam kasus ini. Mereka yakni Yohanes Maryadi Padyaatmaja selaku mantan Direktur Produksi PT SHS, bekas Direktur Litbang PT SHS Nizwar Syafaat, HM Rachmat selaku mantan Direktur Keuangan PT SHS dan mantan Direktur Pemasaran PT SHS Kharudin Rahmat.

Para tersangka kini ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung RI selama 20 hari kedepan terhitung sejak 5 September 2013 lalu.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Disparbud DKI Kenalkan Seni Betawi ke Timur Tengah