Angka Kelahiran Remaja 15-19 Tahun di Kalbar Tertinggi

|

SINGKAWANG - Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan angka kelahiran perempuan usia 15-19 tahun tertinggi dibanding daerah lain di Indonesia.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembinaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sudibyo Alimoeso, menyebut, angka tersebut jauh di atas rata-rata nasional.

“Bila rata-rata nasional angka kelahiran pada usia 15-19 tahun di kisaran 48 per 1.000 kelahiran, di Kalbar tertinggi se-Indonesia, yakni 104 per 1.000 kelahiran. Jadi, ada apa dengan remaja di Kalbar?” ungkapnya saat pembukaan Perkemahan Bhakti Antarsaka Kwarda Provinsi Kalbar di Pasir Panjang, Singkawang, Minggu (15/12/2013).

Untuk itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng pramuka, sebagai organisasi yang banyak diikuti pelajar, untuk mempersiapkan generasi berencana (genre).

“Salah satunya melalui perkemahan bakti yang melibatkan antarsaka di dalam gerakan pramuka. Kalbar akan menjadi pelopornya,” ungkapnya.

Menurut dia, perkemahan bhakti ini dapat mendorong lahirnya agen atau duta generasi berencana. “Agen genre di setiap unit di Kalbar menjadi sangat penting. Ini merupakan momentum yang sangat baik dan tepat untuk memanfaatkan jendela peluang bonus demografi,” pungkasnya.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dianiaya Sepupu, Reza Tewas