Jakarta Diterjang Banjir, Rute Bus Transjakarta Dialihkan

|

 Jakarta Diterjang Banjir, Rute Bus Transjakarta Dialihkan

JAKARTA- Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak semalam hingga pagi hari ini, mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Akibatnya, rute bus transjakarta pun menjadi terhambat.

Kepala Humas Unit Pengelola (UP) Transjakarta Sri Ulina Pinem mengatakan banjir yang menggenangi Jalan Daan Mogot dan kemacetan yang mengular di daerah itu, mengakibatkan jalur tersebut tidak bisa dilalui bus Transjakarta. "Transjakarta koridor III, rute Kalideres-Harmoni sementara berhenti operasi," kata Ulina, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (29/1/2014). 

 

Sedangkan untuk bus Transjakarta koridor V rute Kampung Melayu-Ancol tidak beroperasi hingga halte terakhir. Hanya beroperasi dari Kampung Melayu sampai halte Central Senen. Hal tersebut disebabkan adanya banjir setinggi 60 cm di Jembatan Merah.

Untuk bus Transjakarta koridor IX rute Pinang Ranti-Pluit, hanya beroperasi dari Pinang Ranti sampai Halte Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta Barat.

Dan Tiga koridor transjakarta diberlakukan dengan sistem buka tutup. Yakni transjakarta koridor VI rute Ragunan-Dukuh Atas, koridor X rute Pusat Grosir Cililitan (PGC)-Tanjung Priok, dan koridor XII rute Tanjung Priok-Pluit.

Untuk di koridor VI, pelayanan sistem buka tutup dikarenakan jalan raya Warung Jati terendam banjir hingga 30 cm. Adanya banjir sekira 30 cm di Cawang Sutoyo, menghambat perjalanan koridor X. Sedangkan koridor XII beroperasi dari Tanjung Priok sampai halte Fatahilah dengan sistem buka tutup penjualan tiket. "Ada dua koridor lainnya yang dialihkan perjalanannya adalah koridor VII rute Kampung Melayu-Kampung Rambutan dan koridor VIII rute Lebak Bulus-Harmoni. Untuk koridor VII, perjalanan dialihkan menjadi Kampung Rambutan-traffic light PGC-belok kiri melewati Jalan Dewi Sartika-masuk jalur kembali di Cawang Otista," sambung Ulina.

Sementara di koridor VIII, perjalanan dialihkan karena di traffic light Green Garden terendam banjir hingga ketinggian 40-50 cm. Perjalanan dialihkan menjadi Halte Kebon Jeruk-masuk Tol Kebon Jeruk-Tomang-belok kiri Grogol I-Rumah Sakit Sumber Waras-Harmoni. Sebaliknya, dari arah Harmoni-Halte Petojo-Tarakan-Tomang Mandala-masuk Tol Tomang Kebon Jeruk-keluar Halte Kebon keruk.

Untuk empat koridor lainnya, tetap beroperasi normal. Yakni koridor I rute Blok M-Kota, koridor II rute Pulogadung-Harmoni, koridor IV rute Pulogadung-Dukuh Atas, dan koridor XI rute Kampung Melayu-Pulogebang. "Pelayanan operasial akan kembali normal sesuai dengan situasi di lapangan," kata Ulina.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ruhut Sebut Pasek Sudah Dipecat dari Demokrat