Satgas Tangkap 10 Orang Perambah Hutan Pelalawan Riau

Ilustrasi

Ilustrasi

PEKANBARU - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Asap dari TNI menangkap 10 orang perambah hutan di kawasan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Satgas juga menyita enam alat berat jenis eskavator.

Kapolda Riau, Brigjen Pol Condro Kirono, mengungkapkan, saat ditangkap oleh tim satgas, mereka sedang melakukan aktivitas pembersihan di lokasi yang telah dibakar.

"Mereka kini kami periksa secara intensif," ujar Condro Kirono di Posko Penanggulangan Asap Riau di Pekanbaru,  Selasa (19/3/2014).

Dari 10 orang yang ditangkap, sambungnya, sembilan di antaranya merupakan operator alat berat, sementara seorang lainnya mandor lapangan.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, hutan yang baru dibakar berstatus hutan produksi konversi yang merupakan pemerintah. "Dari pengakuan pelaku yang ditangkap, lahan yang mereka garap itu akan dijadikan perkebunan kelapa sawit. Luasanya sekira 900 hektare," imbuhnya.

Dia memastikan penanganan kasus pembalakan hutan secara ilegal akan terus dilakukan. "Kami saat ini membidik ketua koperasi, karena pengelohan hutan ini berada di koperasinya. Siapa saja mereka itu yang masih didalami," tukasnya.

Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkap bahwa aktivitas perambahan hutan secara ilegal marak terjadi di Riau. Presiden marah dan meminta penegak hukum serius menangani kasus tersebut.
(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Komentar
0 komentardisclaimer

Baca Juga

Remaja 14 Tahun Bunuh Diri Diduga karena Trauma Pernah Diperkosa

Remaja 14 Tahun Bunuh Diri Diduga karena Trauma Pernah Diperkosa