Ini Dia Isi Pembicaraan Lengkap Abbott-SBY

|

Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott dan Presiden SBY. (Foto: AFP)

Ini Dia Isi Pembicaraan Lengkap Abbott-SBY

JAKARTA - Pagi ini, Perdana Menteri Australia Tony Abbott menghubungi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam sambungan melalui telefon tersebut, Abbott secara tersirat meminta maaf karena tidak bisa hadir ke Nusa Dua Bali untuk menghadiri Konferensi Open Government Partnership (OGP) Asia Pacific.

Berikut isi percakapan lengkap antara SBY dan Abbott, saat  dalam Konferensi Open Government Partnership (OGP) Asia Pacific, di Nusa Dua, Bali, Selasa (6/5/2014).

SBY

Saya SBY, senang dapat mendengar suaramu kembali, apa kabar?

Abbott

Kabar baik, saya sangat kecewa tidak bisa bertemu dengan Anda. Untuk hubungan Indonesia dan Australia saya sangat terkesan. Namun, saya sangat kecewa tidak bisa ke Indonesia dekat ini.

SBY

Saya sepenuhnya memahami, namun saya mengharapkan Anda bisa datang ke Bali untuk duduk bicara. Tapi saya sangat mengerti mengenai pembicaraan anggaran (di Australia).

Saya juga senang untuk memberi tahu Anda, bahwa menteri dari kedua negara (Indonesia dan Australia) tengah membangun sebuah persetujuan untuk memasuki babak baru hubungan kedua negara.

Saya optimistis bila kita bekerja bersama untuk memastikan hal ini maka kita bisa. Saya menyarankan untuk menaruh menteri saya untuk duduk dan berdialog sehingga kita dapat bertemu di Bali atau di tempat lain.

Abbott

Itu sangat baik dan bijaksana.

SBY

Akan sangat baik bila kita bisa bertemu pada Juni. Karena itu adalah waktu pemilu presiden baru. Bila kita bisa bertemu sebelum Agustus maka kita bisa melengkapi semuanya, kita dapat memperkuat dan menaikan hubungan kita ke tempat lebih tinggi.

Abbott

Saya akan membuktikan adanya hubungan baru antara Indonesia dan Australia secepat mungkin sebelum Anda datang ke Australia.

SBY

Saya sangat senang untuk bergabung dengan hal tersebut. Dan, kita dapat bertemu sebelum Agustus, seperti di Juni nanti kita dapat membuktikan adanya hubungan tersebut. Saya percaya hubungan kita akan semakin kuat dan membawa keuntungan satu sama lain. Pada Juni, saya bersiap untuk melakukan pertemuan kerja sama di Universitas Monash.

Abbott

Terima kasih saya sangat hargai itu. Saya usahakan kita bisa berbicara mengenai logistik pada Juni untuk memberi pengaruh terhadap negara kita. (andreas gerry tuwo)

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Belasan Rumah di Belakang Tamini Square Terbakar